Jenis, Karakteristik, dan Fungsi Sel Darah Merah

Jenis, Karakteristik, dan Fungsi Sel Darah Merah – Dalam tubuh manusia terdapat berbagai macam sel, organ dan jaringan yang sangat penting dan berhubungan satu sama lain. Setiap sel memiliki manfaat dan fungsinya masing-masing dalam membangun dan membentuk tubuh itu sendiri. Salah satu bagian penting yang termasuk di dalamnya yaitu darah yang merupakan zat dalam tubuh yang bertugas mengangkut zat-zat penting dan juga melancarkan kehidupan dalam tubuh manusia. Di dalam darah, terdapat salah satu sel yang disebut dengan sel darah merah. Sel yang satu ini memiliki tugas dan juga manfaat yang penting bagi kehidupan sehingga peranan sel darah merah perlu anda ketahui dari sekarang.

a

Mengenal sel darah merah

Seperti yang kita tahu, darah berwarna merah. Hal ini dikarenakan adanya sel darah merah di dalam darah yang mempengaruhi kandungan warna pada darah anda. Sel darah merah atau eritrosit merupakan salah satu komponen dalam darah yang memiliki banyak fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang. Apabila sel darah merah yang ada dalam darah kurang memadai, otomatis sistem peredaran darah menjadi tidak lancar dan fungsi dari setiap organ di dalamnya pun tidak akan mampu bekerja secara maksimal.

Karakteristik sel darah merah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sel darah merah memiliki warna merah persis dengan namanya. Warna merah yang dimiliki sel darah merah dipengaruhi oleh zat hemoglobin yang terkandung di dalamnya. Selain identik dengan warnanya yang merah, sel darah merah juga memiliki karakteristik bentuk seperti cakram yang berbeda dengan komponen sel di dalam darah lainnya.

Fungsi sel darah merah

Sel darah merah memiliki banyak fungsi dan manfaat bagi tubuh anda, diantaranya yaitu:

  1. Membawa dan mengangkut oksigen ke seluruh organ dan bagian-bagian tubuh.
  2. Memaksimalkan sistem peredaran darah dan mengikat karbon dioksida.
  3. Mengoptimalkan fungsi dan kinerja organ-organ penting di dalam tubuh.
  4. Menentukan golongan darah. Karakteristik unik dalam sel darah merah yang terdapat dalam tubuh setiap individu sangat beragam dan dapat menentukan golongan darah seseorang.

Selain beberapa fungsi tersebut, ada juga fungsi sel darah merah lainnya yaitu sebagai penentu kualitas sistem kekebalan tubuh seseorang. Seseorang yang memiliki sel darah merah normal akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Berbagai masalah infeksi yang disebabkan virus, bakteri dan lainnya dapat dihindari jika kekebalan tubuh terjaga semaksimal mungkin. Pasalnya, ketika virus dan bakteri menyerang dan masuk ke dalam darah, sel darah merah akan mengeluarkan radikal bebas yang dapat menghilangkan zat-zat asing tersebut dari dalam tubuh anda dengan segera. Itulah macam-macam fungsi dan manfaat sel darah merah yang sangat penting dan memiliki peran yang amat berarti bagi kehidupan makhluk hidup khususnya manusia.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Jenis, Karakteristik, dan Fungsi Sel Darah Merah

  1. Pingback: Daftar dan Jenis Protista Serupa Jamur | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Ragam Fungsi Organel Sel | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *