Jenis Kromosom Pria dan Wanita

Jenis Kromosom Pria dan Wanita – Pada dasarnya, setiap manusia normal memiliki 23 pasang kromosom di dalam tubuhnya, baik laki-laki maupun perempuan. Dari 23 pasang kromosom tersebut, 22 pasang diantaranya khusus menangani fungsi somatic dan kondisi keturunan.

1

Sementara itu, kromosom sisanya adalah kromosom yang unik dan merupakan kromosom seks penentuan. Dalam proses ini, huruf X dan Y digunakan sebagai pembeda antara kromosom seks bagi pria dan juga wanita. Huruf X ditujukan sebagai lambang keperempuanan, sedangkan huruf Y menunjukkan kelelakian. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis kromosom pria dan wanita, simaklah penjelasannya di bawah ini. Baca Juga : Pria dan Wanita Memiliki Kromosom yang Berbeda

Kromosom XX (wanita)

Set kromosom XX ditemukan pada tahapan perkembangan manusia berjenis kelamin wanita secara khusus dan tepat. Pada manusia, kromosom XX akan selalu ditemukan pada wanita. Harus diketahui bahwa organisme di luar manusia seperti tumbuhan dan hewan juga memiliki kromosom.

Namun, kehidupan organisme non-manusia tersebut memiliki keluasan total set kromosom, jadi, total set manusia tidak akan selalu sama dengan jumlah set perkembangan kromosom hewan ataupun tumbuhan dan organisme yang lainnya.

Kromosom XY (pria)

Kromosom set XY ditemukan dalam perkembangan manusia berjenis kelamin laki-laki secara khusus dan juga tepat. Pada saat kromosom XX perempuan dan kromosom XY laki-laki diteliti dan dibandingkan lewat mikroskop beresolusi tinggi, maka set kromosom laki-laki akan muncul berbeda dari set kromosom yang dimiliki perempuan. Pasalnya, kromosom laki-laki XY berbeda dengan penampilan set kromosom XX perempuan.

Artikel Terkait : Sifat dan Pengaruh Kromosom Y

Pengaturan kromosom XY/YY

Kromosom Y tunggal wajib hadir untuk menentukan jenis kelamin manusia yang dianggap sebagai laki-laki. Kromosom Y merupakan ekspresi genetic kelelakian sehingga kromosom tunggal ini sangat menentukan jenis kelamin yang dihasilkan.

Pada dasarnya, setiap manusia memiliki kromosom X. berdasarkan fakta tersebut, maka diketahuilah laki-laki diidentifikasi oleh kromosom set XY. Sementara itu, pengaturan kromosom YY tidak akan muncul pada hidup manusia karena kromosom X harus selalu ada dan pengaturan tersebut incompatible dalam kehidupan.

Penafsiran wanita didominasi kromosom -X

Terkadang, kromosom -X pada wanita keliru dijadikan sebagai ekspresi kromosom dominan pada sudut pandang genetika. Seiring berjalannya waktu, setiap spesies yang berkembang dengan set kromosom XX perempuan tidak ada hubungannya dengan set XX perempuan yang bisa dibandingkan seperti kromosom Y pada set kromosom XY laki-laki. Artinya, kromosom –X tidaklah sama dengan seks yang membedakan dominasi diantara kromosom.

Pada proses pematangan kehamilan, hampir seluruh tahapan perkembangan manusia terlebih dahulu berkembang sebagai perempuan dengan set kromosom XX.

Kromosom X dan kelainan genetic

Sudah ditentukan bahwa seluruh tahapan perkembangan manusia setidaknya memiliki satu kromosom X. Pada saat proses pembuahan, kromosom Y yang diberikan untuk keturunan dari orang tua dianggap sebagai kromosom dominan.

Hal ini terjadi pada saat induk jantan melewati kromosom Y pada keturunan kelelakian yang sesuai dengan tingkat genetiknya. Karena itulah dapat disimpulkan bahwa banyak terjadi kelainan faktor genetic yang dialami pada kromosom X jika dibandingkan dengan kromosom Y.

Itulah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis, perbedaan dan resiko kelainan kromosom wanita dan pria yang terjadi pada manusia. Perbedaan diantara keduanya terjadi pada susuan set kromosom yang dihasilkan pada proses pembuahan.

Apabila set yang dihasilkan adalah XX, maka jenis kelamin dapat dipastikan perempuan, sementara itu, set kromosom XY menunjukkan bahwa keturunan yang dihasilkan berjenis kelamin laki-laki sesuai dengan faktor genetic yang dihasilkan.

Baca Juga : 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *