Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi Rutin

Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi Rutin – Memakan makanan empat sehat lima sempurna. Dari makanan tersebut salah satunya adalah sayur. Sayur memiliki kandungan yang sangat lengkap yang diperlukan oleh tubuh.

Misalnya vitamin A, B, B1, B2, C, K, E atau kandungan mineral lainnya misalnya zat besi atau kalsium.

Bukan hanya sayur sayuran yang memiliki warna hijau yang baik dikonsumsi untuk kebaikan kesehatan tubuh, namun juga sayur buah misalnya tomat, mentimun, sayur ubi misalnya kentang dan sayur daun misalnya sawi, asparagus.

syur

Sayur diperlukan untuk tubuh dikarenakan mempunyai banyak manfaat misalnya:

  1. Sayuran dapat mengurangi resiko dan mencegah penyakit kronis misalnya adalah penyakit kanker, jantung
  2. Sebagai anti aging atau penuaan
  3. Melindungi diri dari radikal bebas yang menimbulkan kerusakan pada sel tubuh
  4. Pembentukan sel merah
  5. Mempertahankan keremajaan kulit dan meningkatkan kekuatan pembuluh darah
  6. Melindungi sel mata karena dari ultraviolet yang dapat menyebabkan kerusakan

Sayuran diperlukan oleh tubuh untuk melengkapi kandungan yang tidak bisa diserap dari makanan lain misalnya untuk penyakit diabetes yang harus menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Makanan yang dapat dikonsumsi rutin oleh penderita diabetes antara lain:

  1. Labu pahit atau karela. Sayur yang orang jawa memanggilnya dengan nama pare ini dapat juga dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit kencing manis yang dapat berguna untuk menstabilkan kadar gula dalam darah. Yang harus diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi bersamaan dengan obat penurun gula darah.
  2. Brokoli yang kaya akan kronimun yang berfungsi mengatur insulin dan gula darah.
  3. Wortel yang mengandung lutein dan sangat baik untuk fungsi mata.
  4. Bayam dan sebaiknya dipilih bayam organik.

Sayuran yang salah dalam cara memasaknya dapat mengurangi kandungan yang ada di dalamnya. Beberapa sayuran baik dikonsumsi secara mentah karena berguna untuk memperlambat penuaan, antioksidan, penurun berat badan, sebagai detoks. Jenis sayur yang dapat dikonsumsi secara mentah dan rutin diantaranya adalah mentimun yang kaya vitamin dan kandungan senyawa anti tumor, terong memiliki kandungan vitamin (B1, C, A), kacang panjang sebagai anti kanker, anti bakteri, mencegah leukimia, antivirus, kemangi yang bersifat anti kanker, menetralkan kolesterol dan radikal bebas.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Jenis Sayuran yang Wajib Dikonsumsi Rutin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *