Jenis tanaman Ini Memiliki Harga Jual Yang Tinggi

Jenis tanaman dengan harga tinggi di dunia ini sebenarnya banyak ditemukan. Tetapi dari sekian banyak tanaman yang ada, siapa yang memiliki harga jual paling tiggi? Berikut merupakan jenis tanaman sebagai pemilik harga jual paling tinggi dari buah, daun maupun akarnya.

  • Nilam

j 49

Nilam dengan nama ilmiah Pogostemon cablin Benth merupakan suatu semak tropis yang menghasilkan sejenis minyak atsiri dengan nama sama yaitu minyak nilam.

Di dalam dunia perdagangan internasional, minyak nilam memang dikenal sebagai minyak patchouli (bahasa Tamil: patchai=hijau, ellai=daun) sebab minyaknya memang disuling dari daun.

Minyak nilam memiliki aroma yang dikenal kuat dan berat serta sudah berabad-abad dimanfaatkan sebagai wangi-wangian atau parfum, bahan dupa hingga setanggi dalam tradisi timur. Minyak nilam memiliki harga yang termasuk paling tinggi dibandingkan minyak atsiri yang lainnya.

  • Ganja

j 50

Cannabis sativa syn, Cannabis indica atau Ganja merupakan tanaman budidaya yang menghasilkan serat, akan tetapi lebih dikenal karena mengandung zat narkotika dalam bijinya yaitu tetrahidrokanabol (THC: tetra-hydro-cannabinol) yang menjadikan pemakainya mengalami euforia atau rasa senang dalam waktu panjang tanpa sebab.

  • Ginseng

j 51

Ginseng (Panax) termasuk sejenis terna berkhasiat obat dari suku Araliaceae. Tanaman obat Ginseng ini banyak ditemukan d wilayah belahan bumi utara seperti Manchuria, Siberia, Amerika Serikat dan Korea. Jenis Ginseng tropis bisa ditemukan di kawasan Vietnam yaitu Panax Vietnamensis.

  • Zaitun

j 52

Olea Europaea atau zaitun adalah pohon hijau abadi berukuran kecil tahunan dengan buah muda yang bisa dimakan mentah maupun diawetkan menjadi penyegar.

Buahnya yang sudah tua bisa diperas serta minyaknya diekstraksi menjadi minyak zaitun untuk memenuhi beragam kebutuhan.

  • Saffron

j 53

Baca Artikel Lainnya :

Saffron atau kuma-kuma merupakan nama rempah-rempah bunga Crocus sativus dan nama umum untuk tanaman Crocus sativus tang termasuk marga Crocus famili Iridaceae. 3 kepala putik sangat khas dalam bunga kuma-kuma yang berada distal daun buah.

Saffron yang dikeringkan sering digunakan untuk bahan pewarna maupun bumbu masakan. Safron termasuk juga sebagai komoditas rempah paling mahal sesuai timbangan berat dalam beberapa dekade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *