Jenis Tanaman yang Bisa Digunakan untuk Pakan Ternak

Jenis Tanaman yang Bisa Digunakan untuk Pakan Ternak – Pakan ternak merupakan sesuatu yang dapat digunakan untuk memberi makan hewan-hewan ternak. Ada beberapa macam tanaman yang dapat digunakan para peternak untuk memberi makan hewan peliharaan nya. Tidak semua tanaman dapat dimakan para hewan ternak, maka dari itu peternak perlu mengetahui jenis-jenis tanaman yang dapat digunakan untuk dimakan hewan ternak nya secara aman dan memastikan apa kegunaan tanaman tersebut bagi hewan ternak nya agar tetap sehat.

pakan1

Biji tanaman tertentu dapat digunakan untuk dikonsumsi hewan ternak, seperti:

1. Biji jagung
Jagung merupakan tanaman yang mengandung lemak, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, fosfor serta vitamin A, B1 dan air. Bertekstur butiran dan berwarna orange. Jagung memiliki manfaat sebagai sumber energi bagi hewan ternak. Biasanya hewan yang mengkonsumsi biji jagung: burung kecil, ayam, dll.

2. Biji Padi
Melalui proses penggilingan biji padi akan berubah menjadi dedak yang dapat dikonsumsi hewan ternak, seperti: ayam, bebek, angsa, dll. Teksturnya akan berubah menjadi halus dan berwarna coklat. Dalam biji padi yang sudah melalui proses tersebut terkandung air, protein, lemak. Dedak memiliki fungsi sebagai sumber energi hewan ternak yang memakannya.

3. Biji Kedelai
Bagian dari biji kedelai yang dipergunakan untuk pakan ternak adalah kulitnya. Bertekstur kasar dan berwarna coklat. Namun untuk mempergunakan kulit kedelai ini diperlukan proses fermentasi dengan bantuan Aspergillus Niger agar tidak memperhambat pembuatan telur pada unggas, dikarenakan pengaruh tekstur kulit kedelai yang kasar.

Selain biji beberapa jenis tanaman diatas terdapat jenis tanaman yang dapat digunakan untuk pakan ternak , berupa tanaman hijau yang masih segar. Banyak hewan ternak yang menyukai tanaman hijau yang masih segar. Hewan ternak yang menyukai tanaman hijau segar: sapi, kambing, domba, kerbau. Jenis-jenis tanaman yang dapat digunakan, sebagai berikut:

• Rumput Gajah
Biasanya tumbuh di dataran rendah-tinggi dengan curah hujan 2500mm/tahun.

• Rumput Benggala
Sejenis rumput yang tidak tahan dengan genangan air dengan curah hujan 760mm/tahun.

• Rumput Signal
Rumput yang hidup pada curah hujan lebih dari 1500mm/tahun.

Nama-nama rumput diatas adalah beberapa rumput yang dapat dimakan oleh hewan ternak.

Ada 3 macam pemberian tanaman hijau kepada hewan ternak:

1. Kering: Tanaman hijau segar yang dikeringkan agar dapat disimpan dalam waktu lama.
2. Segar: Langsung dari tanaman hijau.
3. Silase: Diawetkan melalui fermentasi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *