Jika Anda Ingin Melakukan Persalinan yang tidak Umum dilakukan, Ini Dia Bagaimana Cara Persiapan Menjelang Persalinan di Dalam Air (Waterbirth)

Belakangan ini metode bersalin di dalam air mulai banyak dikenal oleh masyarakat. Hal ini bisa dijadikan sebagai alternatif cara bersalin yang bisa meminimalisir rasa sakit.

Persalinan Waterbirth sebenarnya tidak jauh berbeda dengan persalinan normal, hanya saja dilakukan di dalam air. Saat ibu akan bersalin, ibu akan dimasukkan ke dalam kolam yang berisi air hangat. Hal ini dimaksudkan agar kulit di daerah kewanitaan menjadi lebih elastis.

j 97

Menggunakan metode waterbirth saat bersalin mempunyai beberapa manfaat untuk ibu. Ibu akan merasa lebih rileks karena otot – otot yang digunakan saat bersalin menjadi lebih elastis. Kemudian akan mempermudah proses mengejan, maka rasa sakitnya tidak akan terlalu terasa.

Selain itu pembukaan jalan lahir juga akan berjalan lebih cepat. Selain bermanfaat untuk ibu, waterbirth juga bermanfaat untuk bayi yaitu peredaran darah bayi akan lebih lancar yang ditandai dengan tubuh bayi menjadi merah. Kemudian akan mengurangi resiko cedera kepala bayi.

Jika ibu ingin melakukan persalinan di dalam air, sepatutnya ibu harus mempersiapkan hal – hal apa saja yang bisa membantu memperlancar persalinan waterbirth. Berikut beberapa cara persiapan sebelum melakukan persalinan Waterbirth.

  • Konsultasikan kepada dokter kandungan anda

Sebelum menjalani proses persalinan waterbirth, pastikan anda sudah mengkonsultasikan kepada dokter. Hal ini dimaksudkan supaya dokter memeriksa kembali kondisi anda dan mempersiapkan fasilitas yang diperlukan untuk persalinan waterbirth.

Kesehatan ibu dan janin juga akan diperiksa terlebih dahulu dan akan segera diketahui cocok atau tidaknya bersalin menggunakan metode tersebut.

  • Perhatikan kondisi kesehatan ibu hamil

Ibu harus memperhatikan kondisi kesehatan tubuh terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kesalahan jika menggunakan metode bersalin waterbirth. Jika ibu mengalami infeksi pada area kewanitaan, saluran kencing serta kulit, metode ini tidak begitu disarankan untuk digunakan.

  • Lakukan senam kehamilan

Ibu hamil disarankan untuk tetap melakukan senam kehamilan sebelum bersalin. Walaupun metode waterbirth bisa mempermudah proses persalinan, akan tetapi menjaga dan melatih kondisi tubuh akan lebih membantu proses persalinan.

Baca Artikel Lainnya :

Metode waterbirth masih jarang digunakan di Indonesia. Untuk itu, pastikan anda yakin untuk menggunakan metode tersebut. Minta dukungan dari suami atau keluarga anda supaya anda lebih yakin lagi menggunakan metode bersalin waterbirth.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *