Julius Caesar, Jenderal Kerajaan Romawi

Biografi Julius Caesar, Jenderal Kerajaan Romawi – Gaius Julius Caesar lahir pada tanggal 13 Juli 100 sebelum masehi. Julius Caesar merupakan negarawan Romawi, Jenderal dan penulis prosa latin terkenal. Julius Caesar melakukan peranan yang penting di dalam kejadian yang membawa kehancuran republic Roman dan naiknya kerajaan Romawi.julius

Di tahun 60 sebelum masehi, Julius Caesar, Crassus dan Pompey membentuk sebuah kerja sama politik yang bertujuan mendominasi politik Roman selama beberapa tahun.

Usaha mereka untuk mengumpulkan kekuatan melalui taktik popular yang ditentang oleh kelas putusan konservatif dalam senat romawi, di antara mereka Cato the Younger dengan dukungan frekuen dari Cicero. Kemenangan Caesar di dalam perang Gallic, yang selesai di tahun 51 sebelum masehi, memperluas wilayah kekuasaan Roma ke terusan Inggris dan Rhine.

Julius Caesar menjadi jenderal Roman pertama untuk menyeberang ketika Julius Caesar membangun sebuah jembatan penyebrangan Rhine dan memimpin penyerbuan pertama Inggris.

Pencapaian tersebut mengabulkan kekuasaan militernya yang tak terkalahkan dan mengancam untuk memundurkan Pompey yang berdiri, yang telah kembali dengan senat setelah kematian Crassus di tahun 53 sebelum masehi.dengan diakhirinya perang Gallic, senat memerintahkan Julius Caesar untuk turun dari komando militernya dan kembali ke Roma.

Julius Caesar menolak perintah tersebut, dan daripada mencatat tantangannya di tahun 49 sebelum masehi dengan menyebaerangi Rubicon dengan sebuah pasukan, meninggalkan provinsinya dan secara illegal memasuki Roma Itali di bawah persenjataan. Hasil perang sipil, dan kemenangan Julius Caesar di dalam perang meletakkannya di sebuah posisi yang berkuasa dan berpengaruh.

Setelah memegang kontrol pemerintahan, Julius Caesar memulai program social dan mengubah pemerintahan termasuk pembuatan kalender Julian. Julius Caesar memusatkan birokrasi republic Roman dan langsung menyatakan dirinya dictator untuk selama-lamanya, memberikannya tambahan hak.

Tetapi konflik politik pokok tidak terselesaikan dan pada tanggal 15 Maret 44 sebelum masehi, Julius Caesar dibunuh oleh sekelompok senator yang memberontak yang dipimpin oleh Marcus Junius Brutus. Sebuah seri baru dari perang sipil pecah kemabli dan pemerintah konstitusional Republik Romam tidak pernah bisa dikembalikan secara penuh.

Julius Caesar mengadopsi warisan Octavius, yang kemudian dikenal sebagai Augustus, meningkat untuk memasang kekuasaan setelah mengalahkan lawan nya di dalam perang sipil. Octavius menyetel kekuatannya menjadi keras dan masa kerajaan Romawi dimulai.

Kebanyakan hidup Julius Caesar diketahui dari akun-akun pribadi Julius Caesar sendiri dari campaign-campaign militernya dan dari sumber-sumber yang se zaman dengan Julius Caesar, utamanya surat-surat dan pidato-pidato Cicero dan tulisan-tulisan sejarah Sallust.

Biografi selanjutnya Julius Caesar oleh Suetonius dan Plutarch juga merupakan sumber utama. Julius Caesar dianggap oleh banyak sejarawan menjadi satu dari komandan militer terhebat di dalam sejarah. Julius Caesar meninggal pada tanggal 15 Maret 44 sebelum masehi.

Baca juga : Adolf Hitler, Pemimpin Diktator dari Jerman

Loading…

One thought on “Julius Caesar, Jenderal Kerajaan Romawi

  1. Pingback: Saddam Hussein, Mantan Presiden Iraq | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *