Kacang Hijau! Ini Teknik Lengkap Budidayanya?

Kacang Hijau! Ini Teknik Lengkap Budidayanya? – Kacang hijau merupakan salah satu bahan bangan yang sangat bergizi. Kandungan protein dan vitamin tanaman yang satu ini sangat kompleks sehingga banyak diminati.

Kacang hijau sendiri biasanya dibuat sebagai bahan oalahan makanan mulai dari bubur kacang hijau sampai dengan isian kue onde-onde. Permintaan pasar yang tinggi akan kacang hijau membuat banyak orang ingin mencoba membudidayakannya.

Untitled

Namun masih sedikit orang yang tahu bagaimana cara membudidaya tanaman yang satu ini. Kacang hijau merupakan salah satu komoditas tanaman unggulan yang sangat cocok untuk dibudidayakan di Indonesia. Berikut beberapa tahap proses budidaya tanaman kecang hijau yang bisa dicoba.

  1. Media Tanam

Untuk memulai budidaya tanaman kacang hijau, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah pemilihan media tanam. Media tanam yang paling baik digunakan untuk budidaya tanaman kacang hijau adalah tanah lembung. Tanah lembung mengandung banyak zat dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman.

Kacang hijua merupakan tanaman musim kemarau, oleh sebab itu tidak dianjurkan untuk terkena banyak air. Tanah yang dapat digunakan untuk budidaya tanaman kacang hijau adalah tanah yang memiliki tingkat keasaman 5,8 sampai dengan 7.

  1. Pembenihan

Agar dapat menghasilkan kacang hijau yang berkualitas, maka diperlukan bibit yang juga berkualitas. Sebenarnya ada banyak sekali jenis bibit kacang ghijau mulai dari merak, walet, sampai dengan nuri. Pilih sesuai dengan kebutuhan.

  1. Penenaman

Karena kacang hijau tidak bisa hidup dengan banyak air, maka penanaman sebaiknya dilakukan pada saat musim kemarau. Jarak tanam antara kacang hijau satu dengan yang lain adalah 40 x 20 cm untuk kacang hijau bercabang, dan 30 x 10 cm untuk kacang hijau yang tidak bercabang.

Buat lubang tanam kemudian masukkan 2 sampai 3 benij kacang hijau. Jangan lupa untuk memberinya pupuk organik. Atau bisa juga menggunakan pupuk urea atau PPC. Setelah benih masuk, tutup lubang dengan tanah lalu padatkan.

  1. Pemupukan

Selain pemupukan awal, juga diperlukan pemupukan rutin agar tanaman dapat tumbuh dengan subur. Pemupukan dapat dilakukan 2 minggu sekali setelah tanaman berusia lebih dari 2 minggu. Pupuk yang digunakan bisa berupa POC NASA.

Namun saat tanaman kacang hijau mulai berbunga, sebaiknya pemupukan dihentikan terlebih dahulu dan diganti dengan penyiraman dan penyemprotan. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu proses penyerbukan tanaman kacang hijau.

  1. Penyiraman

Kacang hijau memerlukan penyiraman intensif pada saat pertumbuhan awal atau pada saat kacang hijau mulai menjadi kecambah. Penyiraman juga diperlukan pada saat kemarau panjang. Namun yang harus diperhatikan bahwa jangan sampai menimbulkan genangan saat menyiram tanaman karena akan membuat kacang hijau membusuk.

  1. Penyiangan

Penyiangan ini dilakuakn dalam rangka merawatan tanaman kacang hijau agar terbebas dari tanaman gulma pengganggu yang dapat menghambar pertumbuhan kacang hijau. Penyiangan dapat dilakukan sebanyak 2 sampai dengan 3 kali sebelum tanaman berbunga.

  1. Pengendalian Hama

Ada beberapa jenis hama yang biasa menyerang kacang hijau. Solusinya adalah dengan membuat selingan tanaman jenis lain di sela-sela kacang hijau. Selain itu sanitasi harus diperhatikan dengan baik untuk menanggulangi hama yang biasa menyerang kacang hijau.

  1. Pemanenan

Panen kacang hijau dapat dikenali dari ciri-ciri daun yang sudah menguning dan mulai berguguran. Polong kacang hijau berwarna kehitaman dan sedikit retak. Sedangkan masa panen kacang hijau biasanya 75 sampai 100 hari setelah kacang hijau ditanam.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *