Kafein Dongkrak Memori Jangka Panjang

Kafein Dongkrak Memori Jangka Panjang – Anda pecinta kopi? Walaupun banyak yang mewanti-wanti efek samping dari kafein, namun banyak juga penelitian yang mengindikasikan bahwa secangkir minuman ini dalam jumlah yang tepat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Untitled

Berbagai studi telah menunjukkan bahwa kafein memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kini, sebuah studi juga mengindikasikan bahwa satu dosis kafein setelah sesi belajar kemungkinan bisa membantu mendongkrak memori jangka panjang. Hasil ini berdasar pada sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature Neuroscience.

Baca Juga :

Tim riset yang dipimpin oleh Daniel Borota dari Johns Hopkins University di Baltimore ini mencatat bahwa walaupun riset-riset sebelumnya telah menganalisa dampak kafein sebagai peningkat kemampuan kognitif, namun fakta apakah kafein bisa mempengaruhi memori jangka panjang masih belum dipelajari sebagai detail. Oleh karena itu, tim investigator menganalisa 160 partisipan berusia antara 18 hingga 30 tahun untuk menemukan kaitan tersebut.

Pada hari pertama dari studi itu, para partisipan ditunjukkan gambar dari beberapa obyek berbeda dan diminta mengidentifikasikannya sebagai item “indoor” (dalam ruangan) atau “outdoor” (luar ruangan.) Segera setelah tugas ini, secara acak, mereka menerima 200 mg kafein dalam bentuk pil, atau tablet plasebo. Lalu pada hari berikutnya, para partisipan ditunjuki gambar yang sama beserta ebberapa gambar baru. Para peneliti meminta mereka mengidentiikasi apakah gambar-gambar yang ditunjukkan tersebut “baru,” “lama,” atau “mirip dengan gambar pertama.”

Dari penelitian ini, para ilmuwan menemukan bahwa partisipan riset yang mengkonsumsi kafein berperforma lebih baik dalam mengidentifikasi gambar-gambar yang mirip dibandingkan dengan mereka yang mengambil pil plasebo. Namun, para ilmuwan mencatat bahwa kedua kelompok tersebut mampu membedakan apakah gambar-gambar yang ditunjukkan lama atau baru.

Kemudian, tim ilmuwan melakukan eksperimen lebih jauh menggunakan 100 mg dan 300 mg dosis kafein. Hasilnya, mereka menemukan bahwa performa partisipan menjadi lebih baik setelah mengkonsumsi 200 mg kafein jika dibandingkan dengan 100 mg saja. Namun, peningkatan performa tidak terjadi dari konsumsi 200 mg ke 300 mg kafein.

“Dengan ini, kami menyimpulkan bahwa satu dosis dari setidaknya 200 mg kafein diperlukan untuk mengamati efek penguatan memori ini,” tulis peneliti pada studi tersebut. Para ilmuwan juga menemukan bahwa performa memori tidak meningkat jika subyek penelitian diberikan kafein 1 jam sebelum melakukan tes identifikasi gambar.

Para peneliti menyatakan ada banyak kemungkinan bagaimana kafein bisa meningkatkan memori jangka panjang. Sebagai contoh, kafein bisa jadi memblokir sebuah molekul yang dinamai adenosin, menghalanginya menghentikan fungsi norepinefrin, sebuah hormon yang memiliki dampak positif pada memori. Peneliti-peneliti tersebut mencatat bahwa penelitian-penelitian berikutnya harus dilakukan untuk lebih memahami mekanisme kafein dalam mendongkrak ingatan jangka panjang.

Dengan melihat fakta bahwa kafein digunakan secara meluas di mana pun dan oleh siapa pun di penjuru dunia, pertanyaan-pertanyaan ini sangat penting dijawab. Menurut sebuah data yang diperoleh dari US Food and Drug Administration (FDA), rata-rata warga Amerika mengkonsumsi 300 mg kafein setiap harinya. Sumber utama dari senyawa tersebut berasal dari kopi, teh, dan minuman ringan.

Selain mendongkrak ingatan jangka panjang, studi-studi sebelumnya mengindikasikan bahwa kafein menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan. Minuman yang mengandung kafein disinyalir bisa menurunkan resiko penyakit-penyakit yang menyerang hari. Selain itu, sebuah studi juga menyatakan bahwa minum 2-4 cangkir kopi sehari bisa mengurangi resiko bunuh diri.

Namun tentu saja, kafein tidak seluruhnya memberi manfaat positif saja. Sebuah studi mengungkap bahwa stimulan tersebut bisa mengganggu pola tidur setelah dikonsumsi. Sedangkan, studi lain berargumen bahwa kafein yang berasal dari minuman energi kemungkinan memberi dampak negatif pada fungsi hati.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Kafein Dongkrak Memori Jangka Panjang

  1. Pingback: Penggunaan Amoksisilin Bisa Sebabkan Gejala Diare | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *