Kamera Dengan Lensa Fisheye Beserta Kegunaannya Untuk Pemula

Kamera Dengan Lensa Fisheye Beserta Kegunaannya Untuk Pemula – Dalam artikel kami kali ini akan menuliskan selengkapnya tentang lensa Fisheye beserta kegunaannya dan bagaimana hasil akhir dari gambar – gambar yang akan dihasilkan.

Menurut sudut pandang pemula, lensa Fisheye adalah lensa mata ikan karena lensa jenis ini memiliki bentuk cembung seperti layaknya mata ikan hiu.

sayure

Selain itu, banyak juga para fotografer profesional menyamakan antara lensa Fisheye dengan lensa Wide Angle karena kedua lensa ini mempunyai jangkauan yang sangat luas atau memiliki panjang fokal pendek sekali bila dibandingkan lensa – lensa jenis lain pada umumnya.

Perbedaan antara lensa Fisheye dengan Wide Angle biasa adalah efek distorsi cembung yang dihasilkannya dan sudut pandang hemisphercial ( setengah bundar ) yang sangat lebar.

Apabila anda membandingkan lensa Fisheye 8 mm dengan lensa Wide Angle 8 mm, maka jangkauan lensa Fisheye lebih lebar daripada lensa yang lainnya. Seperti yang telah dijelaskan di atas, lensa Fisheye berbentuk cembung dan mampu mengumpulkan dan menangkap gambar secara cembung dengan sudut pandang sampai 180 derajat.

Mungkin kebanyakan foto – foto yang dihasilkan dari tangkapan lensa Fisheye hanya untuk yang sifatnya objek saja berupa bangunan kota, landscape, ruangan dalam dan lain – lain.

Sekedar info, lensa cembung pertama kali disebut dengan nama Fisheye pada tahun 1906 oleh seorang fisikawan bernama Robert W. Wood setelah beliau berhasil menyimpulkan bahwa mata ikan ternyata mempunyai pandangan hemisphercial yang sangat lebar di bawah air.

Penggunaan lensa Fisheye ini pada awalnya dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian meteorologi pada tahun 1920 dan bukan ditujukan sebagai perangkat digital.

Kinerja Lensa Fisheye Fotografi

Apabila anda berniat mensejajarkan lensa Fisheye dengan garis cakrawala di tengah laut lepas guna memperoleh gambar yang cemerlang dengan sudut yang lebar, maka gambar yang akan anda dapatkan akan mudah terdistorsi.

Namun jika anda mengarahkan lensa di bawah cakrawala, maka kemungkinan besar akan didapati gambar – gambar dengan permukaan bumi yang melengkung ke bawah dari batas garis cakrawala.

Lain lagi apabila anda hendak mengarahkan lensa Fisheye di atas cakrawala, dimana akan diperoleh gambar – gambar langit yang melengkung ke atas pada pinggirannya.

Sayangnya, lensa Fisheye mempunyai titik fokus pendek, namun kelebihannya adalah pada kedalaman ruang yang tak terbatas mampu menghasilkan gambar – gambar menarik.

Seluruh lensa Fisheye adalah masuk ke dalam kategori Wide Angle, meskipun tidak semua lensa Wide Angle adalah Fisheye. Perlu anda ketahui sebagai pemula bahwa ada dua jenis lensa Fisheye, yakni Circular Fisheye serta Full Frame Fisheye.

Untuk Full Frame Fisheye bisa menghasilkan foto dengan gambar – gambar yang sama dengan lensa biasa yaitu persegi panjang.

Sudut yang dihasilkan Full Frame Fisheye mencapai 180 derajat pada arah horizontal, namun pada ukuran vertikal biasa tidak mencapai 180 derajat. Inilah yang menjadi kekurangan Full Frame Fisheye.

Sedangkan Circular Fisheye bisa menangkap gambar secara melingkar dan sudut yang dihasilkan masing – masing mencapai 180 derajat baik vertikal maupun horizontal.

Jadi pada Circular Fisheye, anda tidak akan mendapati hasil foto persegi panjang, melainkan melingkar penuh.

Circular Fisheye bisa menjadi lensa yang paling unik dan sangat susah untuk dioperasikan diantara jenis – jenis lensa lain.

Tidak banyak dan tidak semua produsen kamera mau membuat lensa Fisheye karena memang sangat jarang sekali para profesional yang suka menggunakan lensa ini.

Beberapa produk lensa Fisheye paling terkenal dan populer diantaranya adalah Nikon 10.5 mm f/2.8, Fisheye ( AF dan AF-S ), Sigma 8 mm EX DG, Fisheye, Canon EF 8-15 f/4L Fisheye, Samyang 8 mm f/3.5, Fisheye dan lain – lain. Untuk harga, lensa Fisheye sangat mahal yaitu di atas 7 jutaan rupiah.

Baca Artikel Lainnya :

Sigma biasanya menghargai produk lensa Fisheye berkisar 10 jutaan rupiah, dan yang paling mahal adalah Canon EF 8-15 mm f/4L, adalah Fisheye keluaran terbaru yang dijual dengan harga mencapai 15 juta rupiah.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *