Kandang yang Baik untuk Kelinci Pedaging

Kandang yang Baik untuk Kelinci PedagingKelinci merupakan hewan yang akhir-akhir ini mulai sering muncul di menu restoran. Meski tidak sering dikonsumsi sebanyak ayam atau sapi, kelinci sangat mudah berkembang biak.

Untitled

Jenis kelinci pedaging mudah untuk dirawat dan mempunyai bobot besar, dengan daging yang lezat. Tentu saja, jika Anda hendak memulai beternak kelinci, Anda harus memikirkan masalah utama, yaitu kandang.

Tentang kandang kelinci ideal

Kandang merupakan tempat kelinci makan, tidur, dan berkembang biak. Jadi membuat kandang yang baik penting untuk menghasilkan kelinci pedaging berkualitas. Secara idealnya, kandang kelinci haruslah:

  • Bersuhu 21 derajat Celcius. Tidak panas, sejuk, karena kelinci tidak tahan udara yang panas dan pengap.
  • Lancar sirkulasi udaranya, agar kelinci tidak merasa, dan bisa berkembang dengan baik.
  • Mendapatkan cahaya matahari dengan porsi cukup, paling tidak 12 jam.
  • Akan lebih baik jika ada pepohonan di dekat kandang, membuat udara di kandang lebih sejuk.
  • Mudah dibersihkan, kandang yang kotor akan membuat kelinci mudah sakit.
  • Kandang berbeda untuk induk kelinci dan anak-anaknya, serta kandang untuk pejantan.
  • Untuk 10-12 ekor kelinci, kandang berukuran 200x70x70 cm adalah ideal, sementara untuk anak kelinci ukurannya 50x30x45 cm.

Kandang terbuka

Jenis kandang sendiri menurut tipenya bisa tertutup atau terbuka. Jika Anda mempunyai lahan yang luas, maka sebenarnya kandang terbuka lebih ideal. Sering juga dikenal dengan kandang tipe ranch, kandang jenis ini sebenarnya paling populer di kalangan orang Indonesia. Keuntungan kandang terbuka adalah:

  • Kelinci bisa bebas berkeliaran di kandang terbuka karena lahannya sangat luas.
  • Tidak perlu khawatir tentang sirkulasi dan temperatur, dll, cukup membangun rumah berteduh untuk kelinci sebagai tempat tidur.
  • Karena lahan luas, Anda bisa menanami dengan tumbuhan yang bisa menjadi makanan kelinci. Mereka bisa mencari makan sendiri sehingga telat memberi makan pun tidak masalah.

Kandang tertutup

Inilah kandang yang cocok jika Anda ingin menternakkan kelinci pedaging dalam jumlah yang banyak, sebab kandang ini akan membuat Anda bisa memelihara dengan lebih sensitif. Dibatasi lantai, atap, serta dinding, kandang tertutup terbagi dua lagi, yaitu postal dan baterai. Inilah penjelasannya:

  • Kandang postal

Kandang ini merupakan kandang yang digunakan sebagai area pengembangbiakan, di mana anak kelinci yang sudah disapih dibesarkan. Ada beberapa ekor kelinci yang bisa diletakkan di sini.

  • Kandang baterai

Kandang yang didesain khusus untuk membesarkan kelinci pedaging. Satu kandang hanya menampung 1 kelinci, dengan ukuran 60x40x40 cm, tergantung ukuran kelinci.

Mempunyai kandang kelinci yang bagus dan berkualitas, dengan udara yang sejuk, kering, serta bersih akan membuat kelinci pedaging yang dipelihara menghasilkan daging yang lebih berkualitas. Jangan lupa pastikan juga kenyamanan dari kelinci yang Anda ternakkan, karena kelinci yang stress akan cepat mati, tidak bisa berkembang biak, dan menghasilkan daging yang alot.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Kandang yang Baik untuk Kelinci Pedaging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *