Kandungan Dan manfaat Buah Kersen

Kandungan Dan Manfaat Buah Kersen – Meskipun tanaman ini termasuk ke dalam kelompok tanaman liar yang banyak tumbuh di area persawahan dan di hutan dengan buah berbentuk bulat dan kecil – kecil, namun ternyata tanaman Manfaat Buah Kersen untuk menjaga kesehatan tubuh.

Masing – masing 100 gram Buah Kersen mempunyai kandungan sebagai berikut :

Air sebanyak 77,8 gram, Protein sebanyak 0,384 gram, Lemak sebanyak 1,56 gram, Karbohidrat sebesar 17,9 gram, Serat sebesar 4,6 gram, Abu sebanyak 1,14 gram, Kalsium sebesar 124,6 mg, Fosfor sebesar 84 mg, Besi seberat 1,18 mg, Karoten sebesar 0,019 g, Tianin sebesar 0,065 g, Ribofalin seberat 0,037 g, Niacin sebanyak 0,554 g, kandungan Vitamin C sebanyak 80,5 mg, dengan nilai untuk sumber energi yang terkandung di dalamnya sebanding.

Beberapa Manfaat Tanaman Buah Kersen Untuk Kesehatan

1. Sebagai media untuk antiseptik yang memiliki sifat alamiah

Tak hanya buahnya, daun Kersen yang direbus memiliki khasiat bagus untuk membunuh mikroba atau sebagai antiseptik yang terbukti ampuh guna membunuh bakteri sebagai berikut : Bakteri C. Diptheriae, S. Aureus, P. Vulgaris, S. Epidemidis, dan K. Rhizophil. Hal ini disebabkan karena daun Kersen banyak mengandung zat seperti Tanin, Flavonoids, dan Saponin.

2. Sebagai media untuk antiinflasi Daun rebusan tanaman Kersen memiliki khasiat untuk mengurangi radang / antiinflamasi dan menurunkan panas.

3. Sebagai media untuk antitumor

Daun tanaman Kersen memiliki efek antitumor dimana kandungan senyawa Flavonoid di dalamnya ampuh buat menghambat pertumbuhan sel – sel Kanker secara ‘laboratoris / invitro’.

4. Sebagai media untuk anti ‘uric acid’ / asam urat 

Di Indonesia secara pengobatan tradisional, Buah Kersen bermanfaat untuk mengobati Penyakit Asam Urat dengan cara mengonsumsi Buah Kersen sebanyak 9 butir selama 3 kali sehari. Jika ini dilakukan secara rutin maka dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul karena kambuhnya penyakit ini.

Nah sudah jelas bukan bahwa tanaman Buah Kersen banyak mempunyai manfaat baik itu dari buahnya, daun Kersen, maupun batang dan akar.

Buah Kersen mudah dijumpai di desa – desa pada pekarangan rumah penduduk atau area sawah yang merupakan salah satu pohon liat sehingga mudah dibudidayakan sebagai tanaman rumah atau tanaman herbal.

Namun meskipun tanaman ini termasuk sebagai salah satu tanaman obat herbal, jika pemakaiannya tak sesuai dosis atau melebihi anjuran dari dokter maka justru akan memunculkan / menimbulkan efek samping tertentu yang membuat tubuh rentan terserang penyakit tertentu.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *