Kandungan dan Manfaat Buah Salak untuk Tubuh

Kandungan dan Manfaat Buah Salak untuk Tubuh – Buah Salak ialah salah satu buah yang tertutup oleh kulit luar berwarna coklat dan tertutupi lagi oleh selaput tipis. Buah yang berasa manis dengan nama latin Salacca edulis reinw ini mempunyai ragam manfaat dan khasiat yang diperlukan bagi tubuh.

1

Sehingga tak hanya rasanya yang manis nan enak ini saja yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsinya, tetapi juga manfaat lebihnya. Hal ini dikarenakan Salak memiliki kandungan gizi dan nutrisi lebih dalam hitungan tertentu.

Begitu banyak kandungan nutrisi yang dimiliki buah Salak ini, seperti protein, karbohidrat, fosfor, vitamin C, kalsium, lemak dan zat besi. Masing-masing nutrisi tersebut tersimpan dalam kadar yang berbeda serta memberikan khasiat yang beragam nan baik bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat tersebut ialah:

Mengandung potasium

Kandungan potasium dan juga pektin pada buah Salak mampu memberikan manfaat sebagai pengendali saraf otonom. Yang mana pada unsur tersebut dapat mengendalikan gerakan detak pada jantung yang nantinya akan meningkatkan kinerja dari otak. Di samping itu, kedua kandungan ini dapat bekerja sebagai peran penting dalam proses fisiologi yang lainnya.

Selain kandungan tersebut, pada kandungan pektin yang ada di jurnal dengan judul Integrative cancer therapies ini dapat berperan sebagai pencegah kanker prostat. Karena, unsur pektin ini bekerja sebagai penghambat proses reproduksi sel kanker.

Di samping itu, dalam keadaan sel kanker yang terhambat itu mampu menurunkan resiko apotopsis atau yang disebut dengan sel yang menjadikan tidak fungsinya dari sel itu sendiri. Atau disebut juga dengan sel kanker yang mati sehingga dapat mengobati kanker prostat.

Kandungan betakaroten

Betakaroten ialah salam satu senyawa yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan yang berada di buah Salak ini cukup besar dan dapat membantu dalam menjaga mata agar senantiasa sehat. Menjaga kesehatan pada mata ini dapat mencegah serta menghindari adanya resiko penyakit pada mata, seperti miopi, hipermiopi dll.

Kandungan serat

Serat yang dimiliki oleh Salak tidaklah sedikit, dalam jumlah yang tinggi itu dapat memberikan rasa kenyang pada perut. Dalam kondisi seperti ini secara langsung menghentikan proses konsumsi menu yang lain karena tidak lapar. Sehingga, buah Salak ini dapat membantu diet yang sehat, karena dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Kandungan serat pada Salak ini bukan hanya untuk program diet saja, melainkan membantu proses buang air besar yang lancar. Dimana pada konsumsi tersebut buah Salak harusnya dikonsumsi dengan selaput tipisnya. Namun seringkali konsumsi Salak justru mengelupaskan bagian tersebut hingga menjadikan resiko sembelit. Untuk itu, Anda bisa mendapatkan kandungan serat dengan mengkonsumsi tanpa membuang bagian tipis yang menutupi daging buah.

Dalam mengkonsumsi buah Salak ini, sebaiknya tidak membuang lapisan tipis yang menyelimutinya. Karena dari lapisan tipis ini menyimpan kandungan penting yakni memiliki senyawa yang disebut dengan serat. Dari serat inilah yang akan dibutuhkan oleh tubuh serta memberikan manfaat yang besar bagi sistem dan kesehatan pada tubuh, seperti menjadi unsur yang dapat memberikan rasa kenyang dan melancarkan sistem pencernaan.

Akan tetapi, sebagian besar mengonsumsinya dengan membuang lapisan tersebut. Dalam proses konsumsi seperti ini, sama saja dengan tak mendapatkan kandungan serat tersebut. Bahkan dapat menyebabkan resiko sembelit dimana proses buang air besar tak lancar seperti biasanya. Untuk itu, disarankan agar mengkonsumsi buah salak tanpa harus membuang lapisan kulit arinya. Karena lapisan inilah yang mempunyai peran penting bagi kesehatan tubuh.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *