Kandungan dan Manfaat Tanaman Tebu

Kandungan dan Manfaat Tanaman Tebu – Tebu merupakan salah satu tanaman yang sangat berguna bagi banyak masyarakat. Tanpa tanaman ini manusia tidak bisa merasakan nikmatnya makanan dan minuman manis. Ya, tebu merupakan tanaman yang digunakan sebagai bahan utama untuk membuat gula pasir. Tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia, bahkan terdapat perkebunan tebu yang khusus dibuat untuk memproduksi gula pasir.

tebu

Selain dapat digunakan sebagai bahan utama pembuat gula pasir, tebu juga dapat dijadikan sebagai minuman segar yang akan menghilangkan dahaga anda pada saat sedang haus. Tanaman tebu sendiri tidaklah besar, batang dari tanaman ini yang dijadikan sebagai bahan utama.

Tanaman tebu selain memiliki manfaat yang besar sebagai bahan utama pembuat gula pasir, terdapat pula manfaat lain dari tanaman ini. Manfaat lain dari tanaman tebu antara lain:

• Mengobati beberapa penyakit kronis seperti storke dan diabetes.
• Dapat membantu mengobati mimisan.
• Menjadi obat infeksi.
• Membantu menguatkan gigi dan gusi.
• Membantu pengobatan kanker payudara.
• Meredakan penyakit radang tenggorokan dan panas dalam.

Mungkin anda bertanya-tanya mengapa tumbuhan ini bisa memiliki banyak manfaat yang sangat berguna ini. Jawabannya adalah pada kandungan di dalam tanaman ini, tebu mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan. Vitamin yang terdapat pada tanaman tebu seperti vitamin A, B1 dan C. Selain itu tebu juga mengandung karbohidrat, protein, fosfor dan kalsium. Kandungan ini yang membuat tebu bisa menjadi obat bagi sebagian penyakit yang ada.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang bisa diobati menggunakan tebu. Seperti yang telah diketahui penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi banyak bahan manis. Tetapi sebenarnya penderita diabetes dapat menjaga kadar glukosa dengan mengkonsumsi tebu ini. Manfaat lain yang dimiliki tebu adalah mampu menguatkan gigi. Hal ini terjadi karena di dalam tebu terdapat kandungan kalsium yang baik untuk gigi. Selain itu daun tebu juga dapat bermanfaat ketika anda sedang mengalami masuk angin. Anda dapat merebus daun tebu tersebut lalu meminum air hasil rebusannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *