Kandungan dan Manfaat Terong untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Terong untuk Kesehatan – Solanum Melongena atau yang biasa di sebut dengan terong ini ialah salah satu jenis sayuran yang mampu tumbuh dengan sangat subur di Indonesia. Umumnya masyarakat mengolah terong menjadi pelengkap lalapan ataupun sayur lodeh. Hampir semua lapisan masyarakat tergila-gila dengan rasa yang diberikan oleh terong ini. Selain rasa nikmat yang diberikannya, ternyata terong ini memberikan banyak manfaat yang mungkin tidak kita sadari.

a

Kandungan gizi dari terong

Kandungan nutrisi yang berada di dalam terong mentah saja cukup sebagai pemenuh kebutuhan harian. Satu buah terong ini memiliki 20 kalori, 4,82 karbohidrat, 0,8 gram protein, 0,15 gram lemak, dan 5 gram serat. Selain itu, terong juga mempunyai kandungan seperti vitamin C, kalium, zat besi, vitamin B6, serta anthocyanin. Anthocyanin ini sering di sebut dengan flavonoid. Banyaknya kandungan gizi yang berada di dalam terong, tentunya semakin memantapkan, bila terong memiliki khasiat yang sangat unggulan untuk tubuh.

Kesehatan jantung

Terong memiliki kandungan flavonoid. Anda pasti mengetahui apa fungsi flavonoid ini bukan? Flavonoid memiliki fungsi untuk menurunkan penyakit kardiovaskular. Banyak penelitian yang memberikan pembuktian jika, seseorang yang mengonsumsi lebih dari 3 porsi sayur dan buah seperti terong ini per minggu yang memiliki kandungan flavonoid, dapat mengurangi resiko penyakit jantung hingga 34%, di bandingkan mereka yang enggan dan tidak pernah mengonsumsi makanan yang mengandung flavonoid per minggu.

Membuat berat badan tetap stabil

Serat makanan, menjadi faktor yang paling penting untuk menjaga berat badan. Terong memiliki kandungan serat yang sangat kaya. Senyawa ini akan membantu Anda untuk mengurangi nafsu makan, selain itu Anda akan merasakan kenyang yang lebih lama. Sehingga jika Anda ingin melakukan pola diet, sangat di anjurkan untuk mengonsumsi terong ini. Terong juga mampu untuk menurunkan kolesterol yang telah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan asam yang membantu sebagai penurun LDL. Selain hal tersebut, terong juga mampu meningkatkan memori pada manusia, karena kandungan dari anthocyanin yang berfungsi sebagai pelancar aliran darah hingga ke otak. Akan tetapi, Anda harus memperhatikan cara pengolahan terong, jangan sampai Anda yang memiliki kolesterol tinggi mengonsumsi terong dengan cara yang kurang tepat.

Pencegah kanker

Bila saat ini Anda sedang mencari berbagai makanan yang berfungsi sebagai pencegah kanker, Anda bisa memilih terong. Terong ini mengandung polifenol. Polifenol yang berada di dalam terong berfungsi sebagai pencegah kanker. Terong juga mengandung anthocyanin serta klorogonat. Tahukah Anda fungsi dari kedua kandungan ini? Mereka berfungsi sebagai antioksidan serta anti inflamasi. Dengan kata lain, mampu untuk melindungi segala sel yang berada di tubuh, serta mencegah kerusakan yang di tengarai disebabkan karena radikal bebas.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Kandungan dan Manfaat Terong untuk Kesehatan

  1. Pingback: Paprika : Salah satu Penangkal Kanker Paling Mujarab | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *