Kandungan Dan Manfat Biji Pala Untuk Tubuh Kita

Kandungan Dan Manfat Biji Pala Untuk Tubuh Kita – Pala merupakan salah satu jenis tanaman asli Indonesia, tepatnya berasal dari daerah kepulauan Banda Maluku. Pala ini merupakan salah satu jenis komoditas rempah-rempah yang sudah terkenal sejak lama. Tanaman yang memiliki nama Latin Myristica fragrans ini dikenal sebagai tanaman berumah dua yakni jantan dan betina.

Untitled

Tanaman pala juga dapat dikenali dari daunnya yang memiliki bentuk ramping, buahnya berbentuk lonjong menyerupai lemon, berwarna kuning, dan memiliki aroma khas. Satu buah pala dapat menghasilkan satu biji buah. Biji buah pala sangat digemeri karena mengandung banyak zat atau nutrisi yang bagus bagi kesehatan.

Berikut beberapa kandungan zat yang dapat kita temui dari biji pala:

  1. Energi sebesar 42 kkal
  2. Protein sebesar 0,3 gr
  3. Lemak sebesar 0,2 gr
  4. Karbohidrat sebesar 10,9 gr
  5. Kalsium sebesar 32 mg
  6. Zat Besi sebesar 2 mg
  7. Vitamin A sebesar 29 IU
  8. Vitamin B1 sebesar 0 mg
  9. Vitamin C sebesar 22 mg

Berbagai macam zat tersebut sangat baik bagi tubuh. Biji buah pala juga memiliki manfaat dan khasiat menyembuhkan beberapa macam penyakit. Berikut manfaat dan khasiat yang bisa didapat dari biji buah pala.

1. Mengobati Sakit Kepala

Salah satu manfaat dari biji pala adalah dapat mengobati sakit kepala seperti pusing dan migrain. Caranya adalah dengan mengoleskan ramuan buah pala yang dicampur dengan daun sirih, cengkeh yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan sedikit air pada bagian tengkuk atau ubun-ubun.

2. Mengobati Insomnia

Penyakit susah tidur atau biasa dikenal dengan nama insomnia ternyata dapat disembuhkan dengan ramuan yang terbuat dari biji pala. Caranya adalah dengan meletakkan biji buah pala yang telah ditumbuk halus kemudian dicampur sedikit air pada pelipis penderita penyakit insomnia.

3. Mengobati Mual dan Muntah

Biji buah pala mengandung senyawa antiemetic yang terbukti dapat meredakan rasa mual atau muntah. Jadi bagi anda yang suka merasa mual, sediakan biji pala untuk obat alami yang tidak menimbulkan efek samping.

4. Mengobati Sakit Telinga

Manfaat lain dari biji buah pala adalah dapat mengobati sakit telinga. Caranya adalah dengan meneteskan ramuan biji pala pada telingan yang sakit.Ramuan tersebut dapat dibuat dengan cara menumbuk biji pala dan mahoni hingga halus. Setelah itu rebus dengan setengah liter air selama 10 menit. Setelah itu diamkan sampai air dingin.

5. Menghilangkan Jerawat

Biji pala ternyata juga memiliki manfaat untuk urusan kecantikan. Ya, biji buah pala dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit wajah termasuk jerawat. Jadi biji buah pala ini dapat digunakan sebagai ramuan perawatan kecantikan yang sehat dan alami.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *