Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Lele

Kandungan Gizi Dan Manfaat Ikan Lele – Lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang populer di Indonesia. Ikan lele banyak digemari karena selain mudah untuk mendapatnya, harganya terbilang relatif murah dibanding dengan ikan-ikan jenis lainnya. Tak heran hewan yang satu ini kerap dijadikan laut untuk santapan sehari-hari.

Untitled

Tak hanya murah, lele juga mengandung berbagai macam zat yang dapat menyehatkan tubuh. Dalam 500 gram ikan lele dumbo atau jika dihitung per bijinya kira-kira terdiri dari 4 ekor ikan lele, mengandung setidaknya 12 gram protein dan energi sebanyak 149 kalori.

Selain itu dalam 500 gram ikan lele juga terdapat lemak sebesar 8,4 gram serta karbohidrat mencapai 6,4 gram. Lele juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa didapat jika rajin mengonsumsi ikan lele.

  1. Menyehatkan Jantung

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa ikan lele kaya akan kandungan omega 3. Kandungan omega 3 tersebut dipercara dapat menghindarkan tubuh dari berbagai macam masalah jantung. Dalam satu porsi ikan lele, setidaknya mengandung asam lemak omega 3 sebanyak 220 mg yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh dan mampu memperkuat jantung.

  1. Menyehatkan Otak

Sama seperti ikan-ikan jenis lain seperti salmon, tuna, dan bandeng. Ikan lele tak hanya mengandung omega 3, namun juga omega 6 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan otak. Konsumsi ikan lele secara teratur dapat memperlancar aliran darah ke otak, serta membantu mengatasi degenari sel-sel yang ada dalam otak.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ikan lele juga kaya akan vitamin B 12 yang berfungsi memecah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Dengan mengonsumsi ikan lele, maka kebutuhan tubuh akan vitamin B 12 setidaknya tercukupi sebanyak 40 persen. Kandungan vitami B 12 pada lele juga dapat membantu daya tahan dan energi dalam tubuh tetap terjaga.

  1. Mempercepat Pertumbuhan Anak

Selain kaya akan omega 3 dan omega 6, lele juga mengandung banyak asam amino esensial yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, karena dapat membantu proses pertumbuhan mulai dari sel-sel jaringan dalam tubuh sampai dengan tulang.

  1. Memperkuat Oto Perut

Berbagai macam atau jenis nutrisi yang ada pada ikan lele dapat membantu memperkuat otot-otot perut yang kendur.

  1. Mengobati Kencing Manis

Ikan lele juga memiliki zat yang mampu meningkatkan sensitifitas insulin. Oleh sebab itu ikan yang satu ini baik untuk dikonsumsi oleh para penderita kencing manis atau diabetes.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Selain dapat mengobati kencing manis, ikan lele juga memiliki khasiat sebagai obat hipertensi.Ya, bagi para penderita darah tinggi dianjurkan untuk mengonsumsi lele secara cukup dan teratur.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *