Kandungan Nutrisi Buah Naga Dan Manfaatnya

Kandungan Nutrisi Buah Naga Dan Manfaatnya – Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang populer di Indonesia akhir-akhir ini. Pada awal kedatangannya, buah ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Namun seiring berjalannya waktu, buah naga dapat dinikmati tak hanya oleh masyarakat atas, namun juga masyarakat kelas menengah ke bawah.

Untitled

Sebenarnya buah naga merupakan buah yang berasal dari negeri tirai bambu China dan menyebar ke berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Dahulunya buah yang memiliki warna merah ini digunakan untuk acara ritual upacara adat, namun sekarang dijadikan konsumsi umum.

Buah yang satu ini digemari banyak orang karena mengandung berbagai macam zat yang sangat baik bagi tubuh seperti kalsium, vitamin, dan serat. Dalam 100 gram buah naga terkandung kalori sebanyak 60 kkal, protein sebanyak 0, 53 g, karbohidrat sebanyak 11, 5 g, serat sebanyak 0,71 g, kalsium sebanyak 134,5 mg, fosfor sebanyak 87 mg, zat besi sebanyak 0,65 mg, vitamin C sebanyak 9,4 mg, dan air sebanyak 90 persen.

Tak haran buah yang satu ini mengandung berbagai macam manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat atau khasiat yang bisa didapat dari buah naga apabila dikonsumsi secara rutin.

  1. Mengontrol Gula Darah

Salah satu manfaat yang bisa didapat jika mengonsumsi buah naga secara rutin adalah dapat menghindarkan diri anda dari penyakit kencing manis atau diabetes, utamanya diabetes tipe 2. Buah naga memiliki zat yang mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

  1. Menetralkan Racun

Secara tidak sadar saat kita makan, ada berbagai macam racun yang masuk ke dalam tubuh. Dengan makan buah naga secara rutin, maka dapat menetralkan racun-racun yang masuk dalam tubuh dan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Buah naga mengandung karoten yang terbukti mampu menjaga kesehatan mata dan menghindarkan diri kita dari berbagai macam masalah mata seperti mata minus sampai dengan mata silinder.

  1. Menajaga Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu kandungan yang banyak terdapat dalam buah naga adalah vitamin C. Vitamin C yang terdapat pada buah naga terbukti mampi memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh sehingga daya tahan tubuh semakin kuat dan tidak mudah sakit.

  1. Menambah Nafsu Makan

Selain kaya akan vitamin C, buah naga juga kaya akan vitamin B12 yang memiliki manfaat dapat menambah nafsu makan. Buah naga juga sangat baik digunakan untuk pemulihan setelah sakit.

  1. Memperlancar Pencernaan

Buah naga juga kaya akan serat yang dapat membantu memperlancar pencarnaan. Mengonsumsi buah naga secara rutin juga membantu menghindarkan diri dari berbagai macam masalah pencernaan. Masih banyak sekali manfaat lain yang terdapat pada buah naga bagi kesehatan tubuh kita.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *