Kapan Janin Mulai Bergerak Dalam Kandungan?

Kapan Janin Mulai Bergerak Dalam Kandungan? – Masa kehamilan adalah masa yang paling ditunggu dan sekaligus membahagiakan bagi pasangan yang sudah menikah.

Banyak pasangan yang rela melakukan apapun demi bisa merasakan masa-masa ini terutama sang calon bunda.

asd

Masa-masa pertumbuhan sang janin dalam kandungan, dirasakan bunda sebagai moment yang menakjubkan apalagi saat bunda mulai merasakan gerakan janin dalam rahimnya.

Berdasarkan apa yang dirasakan bunda dan juga sesuai dengan pengamatan dokter kandungan, pergerakan janin dalam kandungan terbagi menjadi beberapa periode, antara lain :

Janin bergerak untuk pertama kalinya

Umumnya para bunda mulai merasakan pergerakan janin dalam kandungannya yaitu pada usia kehamilan 12 sampai 20 minggu.

Pada masa itu struktur tubuh dan organ bayi sudah terbentuk secara sempurna  dan sudah diberi ruh oleh Tuhan.

Pada saat itu, biasanya bunda merakasan seperti ada kupu-kupu yang terbang atau ada udara yang bergerak dalam perutnya. Moment inilah yang biasanya membuat bunda sangat terharu dan juga bahagia.

Bayi  mulai menendang

Pada usia kehamilan sampai 24 sampai 28 minggu, sudah tidak berbentuk janin lagi tapi sudah berubah menjadi bayi.

Pada usia ini bayi semakin kuat sehingga ia sudah bisa mulai menendang-nendang dalam kandungan bunda.

Selain itu, suara-suara yang berasal dari luar juga sangat mempengaruhi pergerakan bayi, maka tak jarang banyak bunda yang mulai mendengarkan musik klasik dan juga bacaan Al-Quran untuk merangsang pergerakan bayi dan juga perkembangan otak bayi.

Sampai usia kehamilan masuk ke minggu 35 an, bayi akan semakin banyak bergerak sehingga tak jarang membuat bunda menjadi kurang nyaman.

Bayi mulai mengurangi gerakannya

Bayi akan mulai pergerakannya pada usia kehamilan memasuki usia 36 sampai 40 minggu. Pada masa ini, tubuh bayi sudah semakin tumbuh besar sehingga ruang gerak dalam kandungan bunda menjadi terbatas.

Ini lah yang membuat janin menjadi banyak diam. Bunda tidak perlu khawatir, yang terpenting bunda masih tetap bisa merasakan pergerakan bayi walau dalam intensitas yang jarang.

Pada masa diamnya ini, biasanya bayi mulai mengubah posisi untuk persiapan dia lahir ke dunia.

Baca Artikel Lainnya :

Nah, itulah bunda, masa-masa perkembangan janin dari mulai bergerak dalam rahim sampai bayi siap untuk lahir ke dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *