Kapan Sebaiknya Anak Melakukan Sunat?

Kapan Sebaiknya Anak Melakukan Sunat? – Sunat atau khitan adalah hal yang wajib dilakukan oleh laki-laki. Selain dari agama islam memang mewajibkan, dari segi kesehatan, sunat juga dapat membuat anak laki-laki menjadi bersih dan akan cepat tumbuh besar setelah disunat.

Untitled

Sunat biasanya dilakukan ketika masih kecil atau bahkan bayi. Akan tetapi tak jarang juga anak laki-laki yang sunat di usia yang sudah lumayan dewasa. Nah, sebenarnya, kapankan waktu yang pas untuk anak laki-laki disunat? Berikut ulasannya.

Sunat adalah tindakan memotong atau membuang sebagian kulit penutup depan (kulup) dari penis. Metode sunat sendiri saat ini sudah sangat bervariasi.

Dari yang masih manual dengan menggunakan gunting danjahitan, sampai yang menggunakan laser sehingga tidak menimbulkan rasa sakit dan juga tidak mengeluarkan darah. Pilihan kedua inilah yang saat ini sedang banyak diminati untuk metode menyunat.

Menurut dokterdan penelitian yang dilakukan oleh Amerika,  sunat bisa dilakukan pada usia berapa saja. Akan tetapi akan lebih baik jika dilakukan kepada bayi di atas umur 40 hari.

Bayi di bawah umur 40 hari masih sangat rentan untuk mendapatkan luka. Maka dari itu, tidak disarankan untuk menyunat bayi sebelum berumur 40 hari.

Kebanyakan orang tua akan menyuruh atau menyunatkan putranya ketika mereka sudah memasuki usia sekolah.

Dalam usia tersebut, orang tua sudah yakin bahwa anaknya sudah siap dan sudah pntas untuk disunat. Di usia tersebut, anak juga sudah bisa mengutarakan apa yang mereka inginkan sehingga memudahkan orang tua untuk mengambil tindakan.

Baca Juga :

Sunat bisa dilakukan pada usia berapapun. Semakin dewasa usia saat sunat maka akan semakin banyak pula jahitan yang bakal ia terima.

Orang tua sebaiknya mempertimbangkan aspek psikologis anak. Jika dirasa anak belum cukup berani untuk disunat, maka jangan paksa anak untuk melakukannya.

Begitu juga sebaliknya, jika anak sudah meminta untuk disunak jangan menunda-nunda keinginannya tersebut. Apabila hal ini dilakukan ditakutkan anak tidak akan minat lagi untuk disunan karena merasa sudah dikecawakan pada permintaannya yang pertama.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *