Karang Gigi : Hal Penting untuk Kesehatan Gigi dan Sering Diabaikan

Karang Gigi : Hal Penting untuk Kesehatan Gigi dan Sering Diabaikan – Apakah kamu pernah mendengar istilah karang gigi ? Karang gigi atau kalkulus gigi merupakan penumpukan plak yang mengeras pada gigi. Karang gigi terbentuk akibat adanya plak yang menumpuk serta zat kapur yang ada di air liur.

Untitled

Hal inilah yang menyebabkan karang gigi melekat kuat di gigi dan sulit dibersihkan. Plak sendiri tersusun atas bakteri akibat sisa makanan yang tidak dibersihkan di mulut kita. Hal ini menyebabkan akumulasi bakteri di dalam mulut yang merupakan penyebab utama timbulnya karang gigi.

Karang gigi umumnya diabaikan keberadaannya. Padahal, menjaga kesehatan gigi dari karang gigi merupakan hal yang penting. Selain menyebabkan bau mulut, karang gigi juga berperan dalam menimbulkan bau mulut, gusi berdarah, gigi berlubang, hingga tanggalnya gigi. Hal ini dikarenakan karang gigi mendesak gusi untuk turun dan membuka bagian akar gigi yang membuat gigi mudah goyah hingga lepas.

Terdapat berbagai cara untuk menghindari adanya karang gigi. Cara yang paling sederhana adalah menggosok gigi minimal 2 kali sehari. Menggosok gigi merupakan cara paling ampuh menghilangkan sisa makanan yang tersisa di gigi. Menggosok gigi secara rutin, apalagi disertai dengan penggunaan obat kumur, mampu menjaga gigi kamu terhindar dari karang gigi.

Selain itu, flossing juga dapat menghindari terbentuknya karang gigi. Flossing adalah teknik membersihkan gigi dengan benang untuk membersihkan area yang tidak terjangkau oleh sikat gigi, seperti sela-sela pada gigi kita. Flossing mampu menghilangkan sisa makanan pada sela-sela gigi.

Minum air putih dan memakan buah apel serta melon mampu mencegah karang gigi. Air merupakan pelarut universal yang mampu melarutkan sisa makanan pada mulut dan menghilangkannya. Caranya cukup minum air putih 8 gelas sehari dan berkumurlah saat minum.

Hal tersebut mampu membersihkan gigi dari makanan yang tersisa. Selain itu, memakan buah yang kaya serat dan vitamin seperti apel dan melon mampu mencegah terbentuknya karang gigi. Cukup memakan buah-buahan secara rutin agar terhindar dari karang gigi.

Dan yang terpenting adalah periksakan gigi kamu setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi. Dengan pergi ke dokter gigi, akan membantu kita tetap merawat kesehatan gigi dan menghilangkan karang gigi yang sudah terbentuk.

Baca JugaMengetahui Manfaat Bayam Untuk Kecantikan

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Karang Gigi : Hal Penting untuk Kesehatan Gigi dan Sering Diabaikan

  1. Pingback: Mewaspadai 7 Makanan Sehat Memiliki Kandungan Racun Tersembunyi | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *