Kata-kata yang Tidak Harus dan Tidak Baik diucapkan Pada Konsumen

Kata-kata yang Tidak Harus dan Tidak Baik diucapkan Pada Konsumen – Menjadi seorang penjual pasti akan memberikan kita banyak sekali pengalaman baru bertemu dengan berbagai orang baru.

11

Dalam hal ini orang baru tersebut bisa berupa konsumen atau sesama penjual lainnya. Hal ini akan memberikan kita banyak pelajaran baru juga, oleh karena itu jangan sampai kita salah dalam mengatakan beberapa perkataan.

Seringkali ada beberapa kasus kecil yang pada akhirnya membuat kita merasa rugi, salah satu hal yang sangat tidak masuk akal adalah pembeli yang batal membeli pada toko kita hanya karena kita salah perkataan.

Biasanya kasus salah kata ini seringkali menerpa beberapa penjual yang berasal dari dunia online, ada beberapa alasan yang membuat pembeli merasa tidak suka. Berikut ini adalah beberapa alasan yang mungkin terjadi antara lain:

  1. Mereka merasa perkataan kita menyinggung perasaan mereka sehingga membuat mereka tidak ingin lagi membeli di toko kita.
  2. Perkataan tidak menjawab pertanyaan yang mereka tanyakan, hal ini seringkali juga membuat mereka sangat tidak nyaman.
  3. Lama membalas, ini adalah hal yang sering juga didapatkan oleh beberapa penjual yang bergerak dalam dunia bisnis online.
  4. Tidak ramah, ini akan membuat pembeli memiliki persepsi tidak baik sehingga banyak orang yang malas untuk membeli barang pada toko tersebut.

Untuk bisa memahami pelanggan kita juga bisa membeli beberapa buku yang memang berisi mengenai cara dan juga tips mengenai pemahaman pelanggan. Setiap pelanggan pasti memiliki cara pemikiran yang berbeda dan juga sikap yang berbeda.

Jadi jika kita menjadi seorang penjual kita juga harus sabar menghadapi pelanggan yang seringkali membuat kita jengkel. Sikap sabar ini bisa diterapkan dengan mudah jika kita menanggapi pelanggan dengan ramah, maka mereka pun akan memberikan sikap yang sama dengan kita.

Kata yang tidak boleh diucapkan

Pada saat memahami pelanggan atau menghadapi pelanggan ada beberapa kata yang tidak boleh kita ucapkan. Karena jika kita mengucapkan beberapa kata ini bukan tidak mungkin pelanggan kita akan kecewa dan pada akhirnya tidak jadi melakukan transaksi. Berikut ini adalah beberapa kata tersebut antara lain:

  1. “Tidak tahu”, ini akan menunjukkan bahwa kita bukan penjual yang profesional karena tidak mengetahui beberapa informasi mengenai produk yang kita jual.
  2. “Tetapi”, ini adalah kata yang singkat namun memiliki arti yang mendalam. Jika kita mengeluarkan kata ini pada pelanggan akan mencerminkan bahwa kita adalah penjual yang tidak bertanggung jawab da cenderung banyak beralasan.
  3. “apa masalah Anda?”, ini adalah kata yang biasa digunakan bagi beberapa orang yang mengajukan komplain. Sebagai penjual yang profesional maka kita harus bisa menanggapi dengan baik.

Biasanya beberapa penjual sudah memiliki alternatif bagaimana mereka harus bertindak jika mereka menghadapi pelanggan yang juga tidak sopan. Untuk hal yang satu ini kita harus tetap ramah dan juga sopan pastinya.

Ada kata yang memang tidak pantas diucapkan pada beberapa orang yang akan menjadi pembeli kita karena ini kata-kata yang bisa menyinggung.

Sebagai sebuah solusi, kita bisa mencari alternatif kata lain yang lebih sopan dan lebih baik untuk diucapkan bagi beberapa orang. Biasanya kita juga bisa memulai dengan “ada yang bisa dibantu?”. Ini adalah kata-kata yang sopan yang akan membuat pelanggan akan lebih baik perasaannya. Jadi mulailah dengan hal baik agar bisa mendapatkan pelanggan yang banyak.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Kata-kata yang Tidak Harus dan Tidak Baik diucapkan Pada Konsumen

  1. Pingback: Tahukan Anda Bagaimana Cara Jitu Memperoleh Penghasilan Melalui Internet ? | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Inilah Tips Mendapatkan Keuntungan Berlimpah di Bisnis Online | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *