Kaum Adam, Kenali 6 Gejala Kanker Prostat Ini

Kaum Adam, Kenali 6 Gejala Kanker Prostat Ini – Kanker prostat adalah sebuah jenis kanker umum yang terjadi pada pria berusia di atas 60 tahun. Secara global, ini adalah jenis kanker nomor dua paling umum yang didiagnosa pada kaum pria.

123

Kanker ini merupakan penyebab dari kematian sekitar 240.000 orang setiap tahunnya. Di negara-negara Asia, jumlah penderitanya tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara Barat. Namun, dengan gaya hidup yang kian berubah, semakin banyak pria kini berisiko terserang kanker ini

Salah satu aspek yang paling menantang mengenai penyakit ini adalah kanker ini berkembang sangat lambat sehingga bisa jadi butuh bertahun-tahun hingga kanker ini menunjukkan gejala sesungguhnya yang bisa dikenali. Dalam beberapa kasus, tanda-tanda tersebut terlihat setelah kanker itu berkembang cukup parah.

Sayangnya, mereka yang memiliki gejala terserang kanker ini seringkali gagal untuk mengenalinya sebagai masalah sungguhan, bahkan banyak yang menghindari mengatakan pada orangtua atau dokter mereka mengenai hal tersebut karena merasa malu.

Hal ini berujung pada penundaan lebih lanjut dalam diagnosis dan perawatan sehingga memberi kesempatan sel-sel kanker untuk menyebar ke organ-orang berbeda di dalam tubuh.

Berikut adalah gejala-gejala kanker prostat yang harus Anda waspadai agar tidak terlambat mengenali penyakit satu ini:

  1. Tertundanya dimulainya aliran urine. Sebuah awal yang lambat dari aliran urine yangmembuatseseorang membutuhkan usaha atau daya tambahan untuk mengeluarkan air seni dari kandung kemih merupakan sebuah gejala yang perlu diwaspadai. Ini biasanya terjadi ketika ukuran kelanjar prostat mulai membesar.
  2. Kebocoran urine: Kadang kala, pertumbuhan kanker bisa bersifat agresif dan mengakibatkan kelenjar meluas yang sedikit menekan saluran kencing. Sehingga, setiap kali penderita buang air kecil, sejumlah urine sisa mungkin tertinggal di kandung kemih yang kemudian terus menetes.
  3. Ketidakmampuan untuk mengosongkan kandung kemih. Jika uretra atau saluran kencing secara parsial buntu diakibatkan pertumbuhan kanker prostat, urine mungkin tidak akan bisa dikeluarkan seluruhnya. Seiring dengan berkembangnya kanker prostat, ketidakmampuan untuk mengosongkan isi kandung kemih juga bisa terjadi.
  4. Darah pada urine atau sperma. Kelenjar prostat terutama bertanggungjawab atas produksi cairan yang berperan sebagai medium renang sperma selama ejakulasi. Ketika sel-sel pada kelenjar ini terserang kanker, pembuluh darah bisa rusak sehingga berujung pada pendarahan. Sebagai dampaknya, darah bisa jadi terlihat pada urine dan sperma.
  5. Terlalu sering buang air kecil. Karena ada sejumlah urine sisa di kandung kemih, penderita kanker prostat kemungkinan akan merasakan keinginan kuat untuk buang air terus menerus. Namun, faktor-faktor lain juga bisa menyebabkan hal ini, seperti contohnya iritasi saluran kencing karena berubahnya fungsi ginjal.
  6. Rasa sakit di area pelvis. Rasa sakit adalah gejala utama yang dialami oleh para pasien kanker. Pada kanker prostat, sekitar 62% pasien mengalami rasa sakit yang sangat. Kesakitan ini menjadi lebih parah apabila sel-sel kanker menyebar dan membuat koloni di area vaskuler dari kerangka. Seringkali, para pria mengalami rasa sakit ini ketika sedang orgasme, dimana fungsi kelenjar prostat bekerja. Namun dalam beberapa kasus, rasa sakit persisten di bagian depan dan belakang area pelvis juga bisa terjadi.

Nah, itulah enam gejala-gejala kanker prostat yang harus dikenali kaum Adam agar waspada terhadap penyakit ini.

Jika Anda mengalami salah satu dari tanda dan gejala di atas, tentu Anda harus segera mengunjungi dokter ahli dan meminta diagnosa. Mengenali gejala-gejala lebih awal membawa persiapan lebih baik untuk memerangi penyakit.

Baca Juga :

2 thoughts on “Kaum Adam, Kenali 6 Gejala Kanker Prostat Ini

  1. Pingback: 3 Makanan Ini Dapat Mengatasi Kebotakan | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Bahaya Es Batu Balok, Penyebab Kanker Menghantui Warga Ibukota | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *