Kawah Putih Ciwidey, Pesona Kecantikan Bandung di Ketinggian

Kawah Putih Ciwidey berada di kawasan dataran tinggi yang mempunyai ketinggian lebih dari 2.400 meter dpl (diatas permukaan laut). Dengan ketinggiannya ini, suhu udara di kawasan Kawah Putih tidak dapat diragukan lagi, dingin dengan suhu 8 derajat Celsius hingga 22 derajat Celsius. Oleh karena itu jangan lupa membawa jaket ataupun memakai busana yang tebal saat berkunjung ke destinasi wisata ini.

fi 1

Bukan hanya dinikmati keindahannya oleh para wisatawan, Kawah Putih Ciwidey juga sering kali berfungsi sebagai tempat kegiatan lain semacam syuting film, prewedding atau foto pengantin, melukis maupun kegiatan mendaki dan berkuda.

Akses Menuju ke Kawah Putih 

Kawah ini berada sekitar KM 25 Ciwidey di jl. Sorenag, tempatnya tidak begitu jauh dari lokasi wisata Situ Patenggang. Kawah putih ini juga dapat dicapai dengan mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi sebab banyak terdapat penunjuk jalan. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda bisa memilih untuk naik angkot dari terminal Leuwi Panjang yang menuju ke terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey, Anda dapat memakai angkot yang menuju Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih.

Fasilitas di Kawah Putih 

Karena telah dikembangkan menjadi kawasan wisata, maka Kawah Putih ini memiliki beragam fasilitas penunjang lainnya yang sangat membantu para pengunjung, diantaranya:

  • Area parkir yang luas,
  • Mushola,
  • Transportas/kendaraan yang disediakan untuk membawa wisatawan dari gerbang depan sampai ke area dekat kawah,
  • Pusat atau pos informasi,
  • Rumah makan dan warung makanan,
  • Toilet

Harga tiket masuk ke Kawah Putih Ciwidey 

Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari biasa maupun hari libur serta akhir pekan masih sama saja yaitu 15.000 Rupiah per orang, sedangkan bagi tarif kendaraan yaitu:

  • Parkir atas untuk mobil: Rp 150.000,-
  • Parkir atas untuk motor: Rp 35.000,-
  • Ontang-anting: Rp 13.000,-
  • Parkir bawah untuk mobil: Rp 6.000,-
  • Parkir bawah untuk motor: Rp 5.000,-
  • Parkir bawah untuk: Rp 25.000,-

Maksud dari biaya parkir di atas yakni membawa tunggangan Anda hingga sampai ke lokasi kawah, namun bus tidak dapat parkir di atas. Sementara maksud dari parkir bawah antara lain memarkir mobil atau motor Anda di gerbang masuk kemudian Anda melanjutkan perjalanan dengan ontang-anting menuju ke lokasi kawah. Apa itu ontang-anting-anting?

Ontang-anting merupakan nama yang berasal dari bahasa Sunda artinya yaitu “mondar mandir” dan ini ialah nama bagi kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey. Tunggangan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi Menjadi terbuka sekaligus dilengkapi dengan pengaman. Kapasitas maksimal untuk 1 ontang-anting yaitu 12 orang, tetapi jangan khawatir tidak kebagian kendaraan sebab di kawasan ini banyak ontang-anting yang beroperasi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *