Kawasan Wisata BaraMeru Merapi

Kawasan Wisata BaraMeru Merapi – Gunung Merapi yang disebut-sebut sebagai gunung berapi paling aktif di seluruh dunia adalah gunung berapi satu-satunya yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Untitled

Dengan ketinggian 2968 mdpl (kondisi tahun 2001) gunung ini memang memiliki panorama alam yang sangat indah dari lembah sampai puncaknya,

Keindahan guguran lava yang masih sering terjadi di gunung ini dapat disaksikan dari kota Jogja dan sekitarnya dengan mata telanjang karena lava tampak menyala terang, apalagi jika terjadi pada malam hari.

Jika ingin melihat dari dekat, pengunjung dapat melihat langsung dari beberapa pos pengamatan yang sudah ada di Merapi seperti Pos Pengamatan Kaliurang, Babadan, Krinjing, Jrakah, dan Selo.

Wisata Gunung Merapi telah dikembangkan dalam berbagai bentuk seperti Kawasan Wisata Kaliurang, Kaliadem, Merapi Golf, Hutan Wisata Turgo-Plawangan, dan yang paling sering terdengar adalah Pendakian Alam Gunung Merapi.

Jika Gunung Merapi sedang dalam keadaan normal, gunung ini memang menjadi pilihan pendakian baik dari warga sekitar Jogja maupun turis manca negara. terdapat tiga jalur yang umum dilalui para pendaki untuk mencapai puncak gunung Merapi baik untuk pemula maupun yang sudah professional.

Salah satu yang paling terkenal dan sering dipakai adalah Jalur Selo/Plalangan yang merupakan jalur pendakian dari sebelah utara puncak Merapi.

Desa Selo yang terletak dipelana antara Merapi dan Merbabu menjadi gerbang utama.untuk memulai pendakian. Di basecamp yang bertuliskan BARA MERU MERAPI ini terdapat sebuah toko suvenir didepannya dan ditempat ini kita dapat beristirahat sejenak dan packing ulang perlengkapan sebelum melakukan pendakian.

Anda bisa mempersiapkan perbekalan air di basecamp ini, karena di sepanjang jalur pendakian yang akan dilewati tidak terdapat mata air.

Dari basecamp, perjalanan dilanjutkan lewat tanjakan menuju Joglo dengan jalan yang masih berupa aspal kira-kira 10 menit. Joglo tersebut adalah sebuah yang biasa digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitar.

Dari temapat ini kita dapat memandangi indahnyya gunung merbabu dengan jelas. Tempat ini pun terlihat jelas dari jalan raya dibawah basecamp karena terdapat sebuah tulisan besar yang bertuliskan NEW SELO yang terinspirasi layaknya lambang Hollywood di Amerika.

Dari Joglo menuju pos Tugu I, perjalanan lanjut lewat jalan setapak kecil yang berada disamping tulisan NEW SELO. Di jalur ini medan pendakian masih didominasi oleh ladang penduduk dengan medan tanah dan batuan kecil. Dari Pos I menuju Pos Tugu II, jalur sudah mulai agak curam dan penuh bebatuan besar dan memakan waktu sekitar 1,5 – 2 jam.

Dari pos II anda hanya memerlukan waktu sekitar 1 jam sebelum sampai di pasar bubrah. Pasar bubrah merupakan sebuah lembah sebelum puncak yang dipenuhi batu – batu besar berserakan dan merupakan pos terakhir jika ingin mendirikan tenda.

Baca Artikel Lainnya :

Di pasar bubrah Dan anda akan dihadapkan pada jalur menuju ke puncak. dan memerlukan waktu sekitar 1 jam dengan medan yang sangat curam dan berpasir. Anda harus berhati hati karena medan pasir dan berbatu ini sangat mudah longsor serta waspada terhadap angin kencang yang bisa datang sewaktu- waktu.

Pemandangan di Puncak gunung Merapi sangat menakjubkan namun juga mengerikan. Di puncak anda dapat merasakan gemuruh yang berasal dari kawah yang masih aktif dan asap yang keluar dari dalam kawah.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *