Kayu Manis, Sebuah Kayu Harum Yang Menyehatkan

Bentuknya seperti coklat batangan yang diserut menggunakan pisau, tergulung rapi. Terkadang lebih mirip gulungan karpet atau tikar. Warnanya coklat tua dan aromanya khas, hangat, agak seperti bau tanah, dan harum.

e 58

Kayu manis, adalah bagian dari rempah – rempah yang dapat ditemukan dengan mudahnya di Indonesia. Kayu manis dapat digunakan sebagai campuran bumbu masakm maupun sebagai campuran dalam minuman seperti susu dan kopi.

Sebagai rempah – rempah alami, kayu manis memiliki beragam manfaat juga dalam dunia kesehatan. Manfaat – manfaat tersebut antara lain :

  1. Mengontrol kadar gula dalam darah

Inilah alasan mengapa kayu manis merupakan bumbu makanan atau minuman yang tepat bagi penderita diabetes.

  1. Memerangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh

Konsumsi kayu manis sebanyak 6 gram setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh yang juga artinya berperan dalam menjaga kesehatan jantung anda.

  1. Ekstrak dari kayu manis berjenis cassia merupakan yang paling efektif untuk menekan laju pertumbuhan enzim pemicu munculnya penyakit asam urat. Sebagai tambahan, campurkan kayu manis dengan madu, hal ini dapat membantu meredakan nyeri arthritis.
  2. Bagi anda yang seringkali dilanda sakit kepala ringan, mulailah untuk secara rutin mengkonsumsi kayu manis.
  3. Penderita aroma mulut tak sedap kali ini tidak perlu merasa resah, karena kandungan cinnamaldehdye yang ada dalam kayu manis berfungsi sebagai antimikroba dan bakteri di mulut sebagai penyebab utama bau mulut.

Dari banyaknya manfaat kayu manis bagi kesehatan, kitapun perlu mengetahui cara penyimpanan kayu manis ini, mengingat ini akan berguna bagi kesehatan tubuh kita dalam jangka yang cukup panjang. Kayu manis harus disimpan dalam wadah yang kedap udara dan terlindungi dari sinar matahari.

Baca Artikel Linnya :

Kayu manis batangan bisa mempertahankan kesegarannya selama 1 tahun. Berbeda dengan kayu manis yang telah melalui proses penghalusan, ia hanya dapat mempertahankan aroma dan kesegarannya selama beberapa bulan saja.

Demikianlah manfaat kayu manis bagi kesehatan tubuh kita. Benar adanya bahwa alam telah menyediakan semua bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *