Keajaiban Gen Albino Dalam Dunia Hewan

Keajaiban Gen Albino Dalam Dunia Hewan – Hampir semua hewan dapat terlahir dalam kondisi albino, bahkan hewan invertebrata sekalipun. Gen albino ini merupakan gen resesif yang dibawa dari kedua indukan untuk satu kelahiran anak hewan tersebut.

Gen inilah yang menyebabkan beberapa hewan masuk golongan hewan albino. Sebenarnya gen albino merupakan gen cacat dari suatu keturunan makhluk hidup, akan tetapi karena rasio lahirnya hewan albino sangat langka, maka hewan albino ini terbilang unik. Bahkan dikalangan pecinta hewan eksotis, hewan albino ini termasuk yang paling dicari. Berikut ini adalah hewan – hewan yang terlahir dalam kondisi albino dan terlihat unik.

Ular albino

Untitled

Semua ular dapat terlahir dalam kondisi albino, baik itu ular dari jenis phyton, cobra, morelia, dan lain sebagainya. Ular albino dapat dikenali dari pola warna badan yang dominan putih atau kuning tetapi masih mengikuti morph/corak bawaan serta matanya yang berwarna merah. Dikalangan pecinta reptil atau di tempat penangkaran satwa langka, ular albino ini telah banyak dikawin silangkan dengan ular – ular sejenis yang memiliki corak berbeda. Tujuannya adalah untuk mendapatkan keturunan yang lebih unik lagi sehingga nilai jualnya juga ikut meningkat.

Buaya Albino        

Untitled

Jumlah buaya yang terlahir dengan kondisi albino di dunia ini tergolong sangat sedikit bahkan dapat dihitung jari. Beberapa buaya albino yang terkenal yang pertama terdapat di Florida bernama Bouya Blan yang berusia 22 tahun. Walaupun berwarna putih, buaya ini tidak sepenuhnya berdarah albino. Bouya Blan hanya terlahir dengan kelainan pigmen kulit yang sedikit, bahkan matanyapun tidak memancarkan warna. Buaya albino selanjutnya bernama White Diamond yang sekarang berada di Taman Safari Serengeti, Jerman.

Zebra Albino

Untitled

Dengan warna normalnya yang bergaris hitam putih saja membuat hewan ini sangat unik, apalagi zebra dengan kondisi albino. Semakin unik bukan. Zebra yang terlahir albino memiliki pola yang sama dengan normalnya. Akan tetapi garis warna hitamnya tidak terlalu tampak jelas karena pigmen yang dimiliki sangat kurang.

Gorila Albino

Untitled

Gorila yang terlahir albino ini merupakan spesies yang sangat langka di dunia. Satu-satunya gorila albino yang masih bertahan hidup adalah Snowflake. Telah lebih dari 40 tahun, gorila albino ini menunjukkan pesonanya ke pengunjung kebun binatang sebelum dinyatakan tewas pada tahun 2013 karena penyakit kanker kulit yang dideritanya. Dengan usianya yang lebih dari 40 tahun, Snowflake berhasil memecahkan rekor ketahanan hidup gorila dimana rata-rata usia gorila hanya berumur 25 tahun. Selama masa hidupnya, Snowflake telah melakukan 22 kali pembuahan, namun tidak satupun keturunannya terlahir dalam kondisi albino juga.

Lumba-lumba Albino

Untitled

Lumba-lumba albino ini pertama kali terlihat tahun 1962.  Dan terlihat kembali pada tahun 1994 di kawasan Teluk Mexico. Lumba-lumba albino terakhir yang terlihat dipanggil dengan nama “Pinky”. Lumba lumba ini kini dibesarkan di Louisiana’s Lake Calcasieu. Uniknya, Pinky kini menjadi hewan primadona sebagai lumba-lumba yang banyak menarik turis.

Paus Albino

Untitled

Paus Albino ini merupaka spesies yang sangat langka sehingga keberadaannya mengundang perhatian. Paus bernama Migaloo ini hidup di perairan hangat di sekitar Southern Ocean Australia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *