Keajaiban Tersembunyi di Danau Kelimutu

Pernahkah anda berwisata ke Flores? Bila pernah, pernahkah anda mengunjungi Danau Kelimutu? Ya, Danau Kelimutu mempunyai daya tarik tersendiri. Daya tariknya terdapat pada warna-warna yang ada pada air danaunya. Terdiri dari 3 bagian warna yang berbeda yang diyakini memiliki arti yang berbeda-beda. Warna-warna itu adalah putih, biru dan merah. Cukup jarang sekali bukan ada danau yang berwarna merah.

fi 79

Warna biru diartikan danau tersebut dihuni oleh kumpulan jiwa yang masih muda yang telah meninggal dunia. Warna Putih dipercaya sebagai tempat berkumpulnya arwah-arwah orang yang sudah tua sedangkan warna merah adalah tempat berkumpulnya arwah-arwah orang yang sudah meninggal dan dikehidupan sebelumnya telah melakukan banyak perbuatan jahat. Ketika warna danau berubah, penduduk sekitar akan memberikan sesajen.

Ketiga bagiannya dibatasi oleh dinding tembok yang terjal, sehingga pengunjung yang datang kesini diharapkan lebih super ekstra hati-hati mengingat akses jalannya yang bahaya. Datanglah pada bulan Juni-Agustus, karena musim kemarau dan jalanan akan lebih aman dan tidak licin. Nah bila anda ingin menyaksikan moment terbaik disini, bangunlah lebih awal dan mulai mendaki pada subuh hari. Karena ketika anda sudah sampai diatas, anda akan tak henti-hentinya berdecak kagum melihat sunrise dipagi hari.

Danau Kelimutu banyak menjadi pilihan para wisatawan untuk berkunjung. Surga tersembunyi ini bermula dari Van Such Telen, wisatawan yang berkebangsaan Belanda yang mengatakan pada warga sekitar bahwa danau-danau tersebut berwarna biru, putih dan merah.

Awalnya penduduk sekitar tidak mempercayai kata-katanya dan menganggap mengada-ada saja, apalagi warna yang disebutkan identik dengan warna bendera Belanda. Sampai pada akhirnya, seluruh warga berbondong-bondong datang dan benar-benar membuktikan keberadaan ketiga warna yang disebutkan itu.

Keindahan Danau Kelimutu yang benar-benar cantik mempesona pernah diabadikan dalam karya lukisan di tahun 1929 oleh Y.Bouman. Karena itu, semakin banyak orang yang penasaran akan keindahan danau yang satu ini. Tempat ini pun mulai dikenal dan berkembang luas hingga mancanegara.

Danau Kelimutu yang ajaib ini diyakini oleh penduduk setempat bila warna pada danau tersebut berubah, akan diperkirakan akan terjadi bencana besar yang akan terjadi di Indonesia. Kasusnya pada saat gempa bumi di Flores tahun 1992 dan tsunami besar yang menelan ribuan jiwa di tahun 2004.

Penduduk sekitar mempercayai adanya kekuatan yang tidak biasa atau magis yang terjadi di danau ini. Karena itu sering sekali para warga melakukan upacara ritual dengan memberi sesajen dengan tujuan agar diberikan kesehatan dan keselamatan bagi warga disekitar maupun mereka yang berkunjung disini. Nah, tentunya anda juga harus berpakaian sopan bila anda mengunjungi Danau Kelimutu. Bila mampir ke Flores, jangan lupa menyaksikan keajaiban dan keindahan pesona Danau Kelimutu ya!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *