Kebiasaan Berikut akan Merusak Otak Anda Secara Perlahan

Otak merupakan organ tubuh manusia yang memiliki peran sentral dalam kehidupan. Semua aktivitas, indera, dan kendali tubuh ada di bawah konsiderasi kerja otak. Maka, sudah sepatutnya Anda menaruh perhatian khusus pada kondisi dan kesehatan otak Anda.

Tanpa disadari, Anda seringkali melakukan kebiasaan yang dapat merusak kinerja otak Anda secara perlahan. Di bawah ini adalah beberapa di antaranya.

s 103

  • Tidak Sarapan;

Banyak orang meremehkan pentingnya sarapan. Padahal, tidak mengkonsumsi apapun pada pagi hari dapat menurunkan kadar gula darah Anda. Hal ini secara simultan juga akan berakibat pada menurunnya kadar nutrisi pada otak dan memperlambat kinerjanya.

Namun, perlu juga diingat bahwa menu sarapan terbaik sebaiknya bukan makanan berat, melainkan hanya segelas air mineral dan segelas jus buah segar. Itu sudah sangat cukup untuk menunjang aktivitas Anda hingga makan siang tiba.

  • Terlalu Banyak Makan;

Mengkonsumsi makanan terlalu banyak akan mempersulit kinerja pembuluh darah di otak karena menumpuknya jaringan lemak. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja otak. Maka, biasakan untuk makan sesuai porsi yang dibutuhkan tubuh dan berhenti sebelum merasa kenyang.

  • Merokok;

Semua orang tahu bahwa sebatang rokok menyimpan begitu banyak bahaya yang mengancam tubuh. Bagi otak, rokok jauh lebih membahayakan dari yang Anda kira. Pengecilan volume otak dan penyakit Alzheimer adalah efek penyakit pada otak yang banyak ditemukan pada seorang perokok aktif.

  • Konsumsi Gula Berlebihan;

Terlalu banyak mengkonsumsi gula akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi di dalam tubuh.

Hal tersebut dapat berpengaruh pada kondisi mal nutrisi dan terganggunya kinerja otak. Maka, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk melakukan diet gula sedini mungkin.

  • Terpapar Polusi Udara;

Otak adalah salah satu organ tubuh manusia yang intensif menyerap udara. Maka, kualitas udara yang kotor dan berpolusi memiliki efek yang buruk bagi kesehatan otak. Hindari berada di tempat yang memiliki potensi polusi udara tinggi.

  • Kurang Tidur;

Dalam otak Anda, terdapat sel-sel yang membutuhkan penyegaran saat Anda tertidur. Maka, apabila Anda memiliki habit tidur yang sangat buruk, sel-sel dalam otak akan mati dan gagal dalam mengerjakan berbagai tugas pentingnya.

Baca Artikel Lainnya :

Dalam skala kecil, Anda akan merasakan situasi mudah lupa akan hal-hal kecil dan sederhana. Dalam jangka panjang, otak Anda dapat mengalami mal fungsi untuk melakukan kegiatan mengingat.

Itulah beberapa kebiasaan yang harus Anda perhatikan untuk dapat tetap menjaga otak Anda berfungsi secara optimal. Kebiasaan yang mana yang sering Anda lakukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *