Kebiasaan Para Mahasiswa Baru Dari Luar Negeri Saat Pertama Kali Datang Ke Perancis

Ada banyak kejadian unik dan lazim dilakukan oleh rekan – rekan mahasiswa/wi dari Indonesia yang baru tiba di Perancis, mungkin terlewatkan oleh pengamat sosial dan pendidikan. Travelling adalah salah satu yang paling diminati oleh mereka, namun, hal tersebut tergantung dari selera masing – masing pribadi yang melakoninya.

Yang umum adalah berfoto di depan Eiffel bersama orang Perancis asli, lalu diikuti dengan bermain ski di Grenoble, berkeliling Eropa dengan train yang super cepat dan canggih, hingga ketergantungan makan siang atau makan malam dengan sajian olahan dari roti baguette.

Namun, anda harus menyadari bahwa perjalanan menyenangkan tersebut sebentar lagi akan usai seiring dengan keperluan belajar anda sudah usai. Bukan berarti anda akan berpisah untuk selama – lamanya dan tidak bisa kembali ke sini lagi nantinya.

Cara terbaik untuk mengenal budaya Perancis bagi anda yang pertama kali datang ke negeri seribu satu menara ini adalah dengan melakukan kebiasaan unik tapi lazim dilakukan oleh pendatang baru seperti tersebut di bawah ini :

1. Makan Kebab Turki Ala Orang Perancis.

k 62

Anda pasti tidak menduga bahwa makanan Kebab Turki yang sebenarnya identik dengan budaya negara – negara Maghreb ( di Afrika Utara ) saat ini justru marak dan dekat dengan cita rasa sajian khas Perancis ? Mungkin rekan pelajar dari Indonesia jarang mencicipi Kebab ala orang Perancis.

Perlu diketahui bahwa sebagian orang Perancis sangat menyukainya, sebagian lagi tidak. Terlepas dari kandungan daging berlemak di dalamnya yang bisa menyebabkan obesitas, maka Kebab dapat menjadi pilihan bagi anda yang ingin berhemat namun tetap mampu untuk makan di luar rumah.

2. Berfoto Di Alam Terbuka Dengan Guyuran Salju Atau Main Ski.

k 63

Salju merupakan benda putih seperti kapas dan sangat dingin yang turun dari langit ketika sedang berlangsungnya musim salju di Eropa. Di Indonesia hal ini hanya terjadi di pegunungan Jayawijaya, Jayapura.

Mahasiswa/wi yang baru pertama kali datang ke Eropa tentu saja akan mencari benda yang satu ini jika secara kebetulan mereka datang bertepatan dengan musim salju. Apa yang akan mereka lakukan ? Tentu saja berfoto dengan latarbelakang hujan salju.

Mulai dari gaya berfoto jadul dengan menggenggam sebongkah besar bola salju atau bergaya seperti anak kecil dengan melompat diantara tumpukan salju. Namun anda harus berhati – hati, karena jika tidak tahan hujan salju akan menyebabkan anda mudah terserang flu.

Bagi yang suka olahraga berat, luangkan waktu untuk berlibur ke pegunungan Alpen untuk menikmati serunya bermain ski.

3. Makan Malam Dengan Baguette Dan Kreasinya.

k 64

Baguette merupakan sejenis roti panjang menyerupai dengan roti buaya dari Betawi, di Indonesia. Hanya saja roti ini sudah menjadi stereotip orang – orang Perancis sejak lama dan pernah dicatat dalam sejarah mereka sejak tahun 1862 pada masa kejayaan Raja Louis XIV.

Namun tidak semua mahasiswa/wi dari Indonesia yang beruntung tinggal di Perancis menyukai jenis roti ini. Rata – rata pada awal kedatangan mereka, mencicipi roti ini adalah ibarat sebuah perjuangan.

Baca Artikel Lainnya :

Selain roti ini mudah mengeras pada keesokan harinya, dalam keadaan lunak dan baru matang pun roti – roti jenis ini lumayan alot untuk dikunyah. Tetapi pada kenyataannya, roti Baguette banyak yang berminat untuk membelinya karena bisa diolah menjadi beragam sajian menarik.

Bienvenue en France. Semoga betah di Perancis untuk berbagai keperluan dan semakin berprestasi.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *