Kebiasaan Unik Mahasiswa saat di Kampus

Mahasiswa sejatinya bukan lagi seorang siswa yang dapat dikategorikan anak-anak. Sematan kata “maha” yang ada dalam kata “mahasiswa” mengisyaratkan strata yang lebih tinggi dari sekedar siswa.

Dengan begitu, mahasiswa diharapkan menjadi seorang siswa yang “maha”; seorang siswa yang lebih dewasa dan bertanggung jawab.

t 2

Namun, nyatanya banyak kita jumpai kebiasaan unik mahasiswa di kampus yang terkadang sangat sulit untuk diterima. Di bawah ini ada beberapa contoh kebiasaan unik mahasiswa saat di kampus. Beberapa di antaranya berkonotasi positif, netral, maupun negatif.

  • Titip Absen;

Kegiatan titip absen (TA) merupakan kegiatan yang jamak dilakukan mahasiswa yang bolos kelas dan memiinta tolong pada temannya untuk mencentang atau menandatangani presensi kehadirannya di kelas.

Untuk menanggulangi hal tersebut, beberapa universitas melengkapi kelasnya dengan absensi sidik jari ataupun absensi retina yang pastinya akan susah untuk dikelabui.

  • Bolos demi Mengerjakan Tugas;

Ini adalah kebiasaan yang sangat unik dimana seorang mahasiswa membolos kuliah untuk mengerjakan tugas kuliah yang lain.

Biasanya, mahasiswa yang ada di dalam tipe ini adalah seorang yang bertipe deadliner dan memiliki kegemaran untuk menunda-nunda pekerjaan hingga di detik-detik akhir deadline.

  • Galeri Smartphone Penuh dengan Foto Presentasi Dosen;

Ini adalah tipikal mahasiswa yang sangat malas untuk mencatat. Buku catatannya kosong bersih tanpa isi. Sebagai gantinya, galeri di smartphone-nya penuh berisi presentasi-presentasi dosen.

  • Fotokopi Catatan Teman;

Mahasiswa yang satu  ini lebih parah lagi. Pada saat dosen sedang menerangkan materi di kelas, ia sibuk dengan dirinya sendiri atau mengoperasikan gadget yang dibawa.

Pada saat-saat akhir menjelang ujian, tipe mahasiswa ini biasanya akan sibuk menghubungi mahasiswa rajin di kelas untuk meminjam catatannya. Untuk apalagi selain untuk difotokopi.

  • Berbelok Arah dari Toilet Menuju Kantin;

Ini juga merupakan kebiasaan yang jamak terjadi di kalangan mahasiswa. Mereka biasanya akan berpura-pura untuk keluar kelas menuju toilet. Padahal, mereka keluar kelas dengan bertujuan untuk makan di kantin atau hanya sekedar merokok dan nongkrong.

  • Datang untuk Tidur

Di saat mahasiswa lainnya dating ke kelas untuk belajar, tipe mahasiswa ini biasanya dating ke kelas dan mengambil posisi duduk di paling belakang untuk langsung bergegas tidur. Prinsip mereka adalah yang penting hadir di kelas.

  • Rajin Menggambar;

Entah karena memiliki bakat terpendam sebagai pelukis atau memang karena merasa bosan, menggambar merupakan kebiasaan yang sangat sering ditemukan di dalam ruang kuliah.

Baca Artikel Lainnya :

Ada berbagai macam objek yang digambar, dari pemandangan di luar jendela hingga sang dosen yang sedang menerangkan pelajaran.

Itulah beberapa kebiasaan mahasiswa yang sering ditemukan di kampus. Kebiasaan mana yang sering Anda lakukan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *