Penyebab Kegagalan Penanaman Mangrove

Penyebab Kegagalan Penanaman Mangrove – Tempat-tempat yang dahulu tidak pernah tersentuh oleh pertumbuhan mangrove, saat ini bahkan mengundang relawan penanaman mangrove. Sehingga pada akhirnya proyek penanaman mangrove yang menggelontorkan dana senilai jutaan rupiah gencar dilakukan. Hanya saja sayangnya semua hal tersebut berakhir dengan sia-sia, tentu saja karena tidak ada satu pun dari anakan mangrove yang dapat tumbuh dengan baik, justru sebagian besar mati mengering atau layu.

Untitled

Kegagalan pertumbuhan mangrove

Sangat banyak anakan mangrove yang akhirnya mati setelah ditanam di lapangan, dimana kegagalan tersebut masih terus saja berulang ketika dilakukan penyulaman guna menggantikan anakan-anakan mangrove yang sudah mati tersebut. Maka dari itu dapat dikatakan jika penanaman mangrove tidak semudah seperti apa yang dibayangkan. Keinginan untuk tetap melestarikan lingkungan pesisir laut dengan cara menanam mangrove tanpa menggunakan dasar pengetahuan karakteristik dari tumbuh kembang mangrove beserta habitatnya menjadikan usaha ini menghadapi kegagalan.

Memperhatikan media penanaman mangrove

Memang sebagian besar masyarakat berpendapat jika yang terpenting mangrove tersebut berada di wilayah pantai atau tersentuh dengan air laut, maka dengan begitu mangrove dapat tumbuh dengan sendirinya. Padahal pemahaman semacam ini adalah sesuatu hal yang sangat keliru.

Karena seperti jenis tanaman lainnya, mangrove juga membutuhkan perhatian secara khusus. Misalnya saja seperti memperhatikan asupan makanan, media dan lain sebagainya. Oleh karena itu sebelum melihat dari faktor-faktor kegagalan dari penanaman mangrove, ada baiknya jika terlebih dahulu melihat syarat-syarat pertumbuhan mangrove yang ada di bawah ini.

Faktor pendukung keberhasilan penanaman mangrove

Faktor-faktor yang seringkali menjadi pengaruh pertumbuhan mangrove antara lain adalah:

  • Gelombang laut yang cenderung minimal, agar jenis tanaman mangrove mampu menancap menggunakan akarnya lebih kuat. Karena ombak serta arus laut yang terlalu kuat hanya akan mengganggu perakaran pada penanaman mangrove.
  • Salinitas payau yang merupakan pertemuan antara air tawar dan laut.
  • Endapan lumpur yang digunakan sebagai subtrat dari tumbuhnya mangrove.
  • Zona intertidal atau pasang surut air laut yang lebar.

Dengan memperhatikan beberapa hal penting di atas diharapkan penanaman mangrove dapat terus berhasil dengan baik. Sehingga masalah yang sering terjadi di wilayah pesisir pantai akan berkurang.

Faktor yang dapat menyebabkan kegagalan penanaman mangrove

Sementara itu dari beberapa faktor yang menentukan pertumbuhan tanaman mangrove, dapat juga dicermati beberapa masalah yang menjadikan bibit mangrove justru gagal tumbuh di lingkungan dan area lapangan. Faktor-faktor yang seringkali menjadi suatu pengaruh pertumbuhan mangrove antara lain adalah:

  1. Gelombang serta arus laut yang terlalu kuat.
  2. Subtrat lumpur yang cenderung tidak mendukung.
  3. Penanaman jenis mangrove pada zonasi yang tidak begitu tepat.
  4. Penyakit dan hama yang menyerang tanaman mangrove.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *