Kegunaan Kultur Jaringan Bagi Kehidupan

Kegunaan Kultur Jaringan Bagi KehidupanApakah anda mengetahui mengenai kultur jaringan? Ini merupakan salah satu cabang dari ilmu alam atau biologi. Pelajaran ini biasanya akan diajarkan pada usia sekolah tingkat atas atau setara dengan SMA. Namun, tidak hanya mereka saja yang sekolah yang mempelajari pelajaran ini. Mahasiswa yang mengambil prodi jurusan mengenai ilmu alam juga biasanya akan mempelajari ilmu ini dan akan menerapkan ilmu ini ke dalam sebuah praktek yang akan mengajarkan mereka bagaimana cara menerapkan ilmu yang sudah diajarkan.

a

Pengertian dari kultur jaringan

Kultur Jaringan merupakan salah satu bagian dari ilmu alam yang akan mempelajari mengenai bagaimana sebuah jaringan dalam sebuah kumpulan sel bisa dijadikan satu untuk menghasilkan individu baru. Penggunaan kultur jaringan ini biasa hanya dilakukan pada tanaman karena hanya tanaman yang memiliki jaringan yang bisa kita telusuri.

Dengan menggunakan kultur jaringan ini, kita bisa menghasilkan individu baru yang memiliki sifat yang sama dengan individu induknya. Jaringan yang biasa digunakan dalam sistem ini adalah jaringan meristem yang ada pada bagian tubuh tanaman.

Langkah-langkah melakukan kultur jaringan

Pada saat akan melakukan kultur jaringan pastinya akan dibutuhkan beberapa langkah-langkah agar bisa terselesaikan dengan baik. Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan kultur jaringan antara lain:

  • Melakukan identifikasi spesies dan jenis dari tanaman induknya.
  • Memeriksa keadaan tanaman induk karena harus sehat dan steril.
  • Melakukan explain pada jaringan tumbuhan induk.
  • Multiplikasi, dimana tanaman yang disimpan akan diperbanyak propagulnya.
  • Melakukan pemanjangan tunas agar tumbuh kembang menjadi baik.
  • Aklimitisasi, pemindahan tanaman baru ke tempat yang lebih baik seperti rumah kaca.

Jika sudah mengetahui beberapa tahap mengenai langkah membuat tanaman kultur jaringan ini, maka anda bisa menerapkannya sendiri untuk tanaman ini. Untuk melakukan kultur jaringan ini pastinya ada beberapa alat dan bahan yang diperlukan sebagai sebuah media. Salah satu alat dan bahan yang diperlukan seperti kapas, botol kaca dan pot tanaman baru.

Kegunaan kultur jaringan

Banyak orang yang bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat dari kultur jaringan ini. Ini akan sangat bermanfaat jika anda adalah seorang pecinta tanaman. Anda bisa memperbanyak tanaman anda dengan spesifikasi yang baik dan sesuai dengan induknya yang sudah baik.

Selain itu kultur jaringan bisa sangat membantu beberapa petani untuk mendapatkan buah atau tanaman dengan sifat yang baik sesuai dengan sifat yang ada pada induk. Selain itu dengan menggunakan kultur jaringan, anda bisa mendapatkan tanaman yang akan terbebas dari beberapa penyakit dan akan bisa sehat seperti induknya.

Biaya yang cukup murah untuk melakukan kultur jaringan ini juga akan sangat menarik beberapa orang yang membutuhkan sistem ini untuk memperbanyak tanaman.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Kegunaan Kultur Jaringan Bagi Kehidupan

  1. Pingback: Tumbuhan Thallophyta yang Bermacam-macam | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Mengenal Jenis-jenis tumbuhan Berbijib | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *