Keindahan Wisata Janjang Saribu

Wisata Janjang Saribu dengan arti “Tangga Seribu” ini memang anak tangganya berjumlah cukup banyak yaitu mencapai 100 anak tangga. Semua tangga itu harus Anda lalui agar bisa menyusuri tebing sampai ke bawah lembah atau yang dikenal dengan Ngarai Sianok.

c 77

Secara umum setiap desa yang berlokasi dekat dengan ngarai memang memiliki jalan tersendiri untuk menuju ke dasar lembah, beberapa diantaranya berupa tangga dan sisanya berupa jalan-jalan setapak.

Hal ini karena jalan turun layaknya Janjang Saribu lebih dimanfaatkan untuk mengambil air yang ada di dasar Ngarai Sianok yaitu Batang Sianok. Bukan hanya itu, Janjang Saribu juga sudah menjadi jalur akses bagi penduduk desa untuk mengunjungi desa lainnya.

Namun tradisi pemanfaatan Janjang Saribu sebagai akses pengambilan air sudah mulai jarang dilakukan. Demikian halnya dengan kunjungan ke desa-desa yang lain. Karena, sebagian besar penduduk desa telah menggunakan angkutan umum yang kini sudah banyak tersedia.

Oleh karena itu, sekarang Janjang Saribu sudah menjelma menjadi destinasi wisata yang menyukai dunia petualangan dengan menghadirkan wahana tracking. Jumlah tangga yang tergolong sangat banyak akan membuat wisatawan ditantang untuk bisa melewati celah-celah tebing.

Dengan begitu kesan tantangan dari Ngarai Sianok juga akan sangat terasa. Ditambah lagi kelok-kelokkan tangga akan menjadikan setiap perjalanan semakin terasa menegangkan.

Selama perjalanan menyusuri Janjang Saribu, pengunjung tidak hanya dibuat terpana menyaksikan keindahan alam yang ada di sekitarnya dengan Gunung Marapi yang tegak dan Gunung Singgalang yang mempesona dari kejauhan.

Baca Artikel Lainnya :

Obat lelah menyusuri banyaknya anak tangga, termasuk juga pemandangan lainnya yang juga ikut serta membuat pikiran lebih segar. Selain itu, tidak jarang juga terlihat beberapa satwa seperti kera yang turut melintas, dengan lincahnya melewati ranting-ranting pepohonan.

Jangan pernah mengkhawatirkan mengenai fasilitas yang bisa Anda temukan di Janjang Saribu, karena sudah disediakan lahan parkir cukup luas bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi.

Dengan begitu Anda tidak perlu lagi khawatir ketika harus meninggalkan kendaraan selama menyusuri petualangan di Janjang Saribu menuju ke dasar Ngarai Sianok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *