Kekurangan dan Kelebihan Bedak Padat

Dalam klasifikasi kosmetik, kita mengenal ada dua jenis bedak, yakni bedak cair (liquid foundation) dan bedak padat (powder foundation). Perbedaan kedua jenis bedak ini terletak pada kontur dan bahan baku yang digunakan.

Bedak cair memiliki kontur cair karena sebagian besar bahan baku mengandung air. Sedangkan badak padat memiliki kontor padat karena sebagian besar bahan baku mengandung senyawa padat.

s 18

Dikutip dari beberapa riset di pasaran, bedak padat memiliki tingkat penjualan yang lebih tinggi dibanding bedak cair. Hal itu mungkin dikarenakan bedak padat telah lebih dulu hadir sedangkan bedak cair adalah produk pengembangan yang hadir setelahnya.

Berbicara tentang bedak padat, ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Simak ulasannya berikut ini.

 Kelebihan Bedak Padat Yaitu Sebagai Berikut :

  1. Tidak Menyumbat Pori Kulit ; Karena tidak menggunakan minyak atau emollients, bedak padat akan menyebar rata pada permukaan kulit dan tidak akan masuk terlalu dalam ke pori kulit.  Hal ini membuat pori kulit menjadi lega dan tidak akan tersumbat.
  2. Menyerap Minyak Secara Sempurna; Bedak padat memberikan nuansa sejuk dan kering di permukaan kulit. Karena itulah bedak padat dapat dengan optimal menyerap minyak di permukaan kulit dan menghindarkan kulit terlihat licin akibat minyak berlebih.
  3. Cocok untuk Banyak Tipe Kulit; Bedak padat sangat cocok untuk digunakan hampir di semua jenis kulit, seperti kulit normal, kulit berminyak, kulit sensitif, maupun kulit berjerawat. Selain itu, bedak padat juga cocok untuk Anda yang tak ingin merasakan sesuatu yang “berat” di wajah.

Kekurangan

  1. Daya Sebar Tak Sebaik Bedak Cair; Karena memiliki tekstur padat dan memiliki partikel yang lebih besar, daya sebar bedak padat tak akan sebaik bedak cair padat takaran yang sama. Maka dari itu, dibutuhkan lebih banyak takaran bedak padat untuk menutupi suatu area kulit.
  2. Hanya Menutupi Permukaan Kulit; Karena tidak dapat masuk secara penuh kedalam pori kulit, bedak padat tidak terlalu efektif untuk mengecilkan pori dan menutupi keriput. Karena alasan itu pula ekstrak vitamin dan anti aging yang terdapat pada bedak padat tidak akan terserap maksimal kedalam kulit.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan bedak padat bila dibandingkan dengan bedak cair. Secara umum bedak padat memiliki tingkat kecocokan dengan berbagai macam tipe kulitl ebih banyak dibandingkan bedak cair.

Baca Artikel Lainnya :

Namun, bila menginginkan koreksi optimal pada wajah, bedak padat kurang bisa diandalkan sebab hanya menutupi permukaan kulit dan tidak masuk kedalam pori. Selamat berburu kosmetik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *