Kenali 6 Penyebab Gusi Mudah Berdarah dan Bengkak

Kenali 6 Penyebab Gusi Mudah Berdarah dan Bengkak – Gusi berdarah dan bengkak merupakan kondisi yang sangat banyak di alami masyarakat terutamanya pada orang dewasa dan juga bahkan orang tua. Selain itu, kondisi tersebut terkadang juga akan di jumpai dengan adanya bau tidak sedap maupun pendarahan yang sangat berlebihan di gusi. Oleh karena itu, sebaiknya harus menjaga dan juga merawat gusi gigi dengan maksimal.

1Penyakit gusi berdarah dan bengkak ini merupakan penyakit kronis atau peradangan gusi kronis, hal ini terjadi dikarenakan tertinggalnya sisa makanan, dan juga infeksi gusi di dalam mulut. Ada beberapa penyebab lainnya yang dapat memicuhya gusi mudah berdarah dan bengkak. Simak berikut 6 penyebab gusi mudah berdarah dan bengkak.

Terdapat plak dan tartar

Adanya plak dan tartar ternyata merupakan penyebab pertama yang dapat menyebabkan gusi mudah berdarah dan juga membengkak. Plak ini merupakan lapisan yang tidak terlihat di dalam gigi dan gusi yang dibentuk dari makanan yang tertinggal di dalam mulut. Dengan begitu akan mengakibatkan gusi dan gigi akan berlubang serta terjadinya perubahan warna kekuningan bahkan juga dapat membuat gigi menjadi geripis ( habis ). Hal tersebutlah membuat gusi mudah berdarah dan bengkak, oleh karena itu lakukan dengan membersihkan dengan larutan anti bakteri dan juga menyikat dengan teratur.

Kondisi gusi iritasi

Dengan memiliki sifat kulit yang mudah alergi yang diakibatkan penggunakan obat-obatan, pasta gigi ganti – ganti, dan juga pemasangan gigi kawat akan mengakibatkan memicuhnya iritasi pada kulit terutamnay bagian gusi menjadi kemerahan dan juga membengkak. Oleh karena itu, sebaiknya jangan pernah melakukan pergantian pasta gigi yang tidak sesuai dengan gusi atau jaringan kulit pada mulut anda.

Terdapat sisa makanan yang menempel

Banyak sekali yang belum mengetahui bahwa sisa makanan yang menempel di bagian gigi akan menyebabkan iritasi yang menyebabkan gusi berdarah bahkan juga bengkak. Oleh karena itu, sebaiknya jika usai makanan untuk membersihkan gigi agar tidak sisa makanan menempel di bagian gigi.

Memperbaiki gigi dengan cara salah

Banyak sekali yang salah untuk memperbaiki gusi berdarah dan juga bengkak, hal tersebutlah malah akan membuat gusi semakin parah dan juga membuat iritasi kulit gusi semakin membengkak. Oleh karena itu, sebaiknya membersihkan gusi dengan hati – hati dan juga menghilangkan sisa makanan yang tersisa didalam mulut. Hal ini dilakukan dengan cara menyikat dan juga berkumur – kumur dengan teratur.

Perubahan hormon

Perubahan hormon ternyata merupakan penyabab juga karang gigi yang menyababkan gusi berdarah dan bengkak. Oleh karena itu, hal ini harus di waspadai dengan membersihkan gigi dan gusi agar tetap bersih untuk menghindari iritasi gusi didalam mulut.

Baca juga : Benarkah Jika Nabi Muhammad Merupakan Keturunan Jawa?

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *