Kenali Penyabaran Virus Zika Melalui Tiga Jenis Nyamuk Aedes Aegepty Ini

Kenali Penyabaran Virus Zika Melalui Tiga Jenis Nyamuk Aedes Aegepty Ini – Nyamuk Aedes Aegepti adalah salah satu jenis nyamuk yang menularkan berbagai macam penyakit dalam tubuh.

selain menyebarkan penyakit demam berdarah dan cikumunya, nyamuk ini juga diketahui menyebabrkan virus zika yang sangat membahayakan kesehatan.

Banyak sekali, bekalang ini virus zika ini menyebar diberbagai wilayah disebabkan nyamuk aedes aegepty tersebut.

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Nyamuk Lebih Suka Menggigit Seseorang dan Bahayanya

Nyamuk ini memiliki bentuk seperti nyamuk pada umumnya, dengan panjang berkisar antara 4-7 cm dan biasanya banyak ditemukan pada siang hari pada jam 2-3 setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam.

Nyamuk ini menyukai tempat – tempat yang lembab, gelap, seperti tumpukan baju, lemari dan tempat – tempat yang teduh serta jarang dijangkau banyak orang.

Biasanya, nyamuk aedes aegepty ini menyerang bagian tubuh bagian bawah dan belakang.

Berdasarkan situs yang beredar, nyamuk aedes aegepty ini terbagi tiga jenis yaitu :

  1. Nyamuk aedes aegepty termasuk kedalam jenis nyamuk domestik yang dapat ditemukan di perkotaan, misalnya pada lingkungan sekitar rumah.
  2. Nyamuk aedes aegepty termasuk kedalam jenis nyamuk sylvan yang dapat ditemukan di perdesaan, misalnya pada rawa- rawa dan hutan.
  3. Nyamuk aedes aegepty peridomestic yang banyak ditemukan pada perkebunan dan peternakan.

Penularan virus zika ini bisa juga melalui tranfusi dara dan air liur. Gejala yang akan ditimbukan virus ini akan menyebabkan demam tinggi, permukaan kulit akan bintik – bintik merah, sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, mudah lemah dan juga terjadi peradangan.

Penyakit ini dapat disembuhkan dengan sendirunya tanpa memerlukan pengobatan medis maupun khusus. Pada kondisi ini, penyakit ini akan dipulihkan selama 1 – 2 minggu.

Namun jika virus ini menyerang pada ibu hamil, akan mempengaruhi kesehatan pada bayi yang ada didalam kandungan.

Virus zika akan menyebarkan penyakit melalui nyamuk aedes aegepty ini akan memicuhnya bayi yang ada didalam kandungan akan terlahir abnormal ( cacat ) dan mengalami gangguan pada otak.

Demikian penyebaran virus zika melalui nyamuk, semoga dengan informasi yang kami berikan dapat bermanfaat dan berguna bagi anda.

Baca Juga : Budidaya Tumbuhan Anti Nyamuk Sebagai Objek Bisnis Ukm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *