Kenali Penyakit Asma dan Cara Mengendalikannya

Kenali Penyakit Asma dan Cara Mengendalikannya – Asma merupakan salah satu penyakit paru-paru yang disebabkan oleh adanya penyempitan dan sumbatan pada pembuluh darah.

Untitled

Keadaan tersebut membuat saluran udara atau oksigen yang seharusnya mengalir ke paru-paru dan rongga dada menjadi terhambat sehingga penderita akan mengalami gejala sesak nafas hingga terdengar suara melengking saat penderita tersebut bernafas.

Baca Artikel Lainnya :

Selain sesak nafas, seseorang yang mengalami asma juga biasanya disertai oleh batuk- batuk sehingga dapat pula menyebabkan sakit yang dirasa pada bagian dada.

Penyakit asma dapat menyerang siapa saja dan tidak mengenal umur, namun berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Amerika, asma biasanya lebih banyak menyerang pada usia anak-anak. Penyakit ini ada yang bersifat sementara dan dapat sembuh dengan sendirinya namun juga ada yang permanen.

Penyakit asma juga kadang dapat muncul atau kambuh kapan saja dan dalam kondisi atau keadaan yang tidak dapat diprediksi sehingga terkesan mendadak dan hal tersebut yang dapat membahayakan kesehatan bahkan jiwanya.

Penyakit asma tidak dapat disembuhkan secara total namun, penyakit ini dapat dikendalikan agar gejala penyakit asma dapat diketahui lebih cepat dan pengobatanpun dapat segera dilakukan agar asma tidak semakin parah.

Karena apabila serangan asma parah melanda dan tidak diketahui keberadaannya dapat menyebabkan kematian karena hal tersebut berkaitan dengan kesulitan bernafas yang dialami si penderita tersebut.

pengobatan asma biasanya penderita akan diberikan obat oleh dokter yang dapat mengurangi pembengkakan di paru- paru, selain itu obat yang diberikan juga biasanya berfungsi mengencerkan reak atau lender yang ada pada paru- paru yang menjadi penyebab dada sering merasa sakit dan sesak.

Biasanya terdapat dua jenis obat yang diberikan oleh dokter kepada penderita asma, yaitu jenis obat pelega dan obat pengontrol. Selain pemberian obat, penderita asma yang akut juga biasanya dianjurkan untuk melakukan terapi dan pemberian oksigen agar sirkulasi udara pada paru-paru tetap lancar dan penderita tidak mengalami sesak nafas.

Sebenarnya penyakit asma dapat dicegah yaitu dengan berolah raga, mengatur pola hidup yang seimbang dan sehat dan dapat menjaga kondisi tubuh dari perubahan cuaca yang tidak menentu.

Selain itu sirkulasi udara yang didapatkan juga haruslah baik karena asma tersebut berkaitan dengan udara yang ada dilingkungan sekitar.

Udara yang kotor seperti polusi dapat dihirup oleh hidung dan bersarang diparu-paru sehingga kesehatan paru-parupun terganggu dan dapat membuat sesak nafas yang merupakan gejala awal munculnya penyakit asma.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *