Kenali Penyakit Tanaman Hias dan Tips Mencegahnya

Kenali Penyakit Tanaman Hias dan Tips Mencegahnya – Punya tanaman hias di dalam rumah memang membuat suasana segar. Apalagi banyak tanaman hias yang multi-fungsi, bisa berguna sebagai penyerap racun di udara, dan bisa digunakan sebagai obat. Walaupun tidak mempunyai guna yang banyak sekalipun, tanaman hias secara estetika membuat rumah tampak lebih asri. Namun sangatlah menyebalkan jika ternyata ada lubang di daun tanaman, atau adanya bercak-bercak kuning di daun. Inilah beberapa hal penyakit khusus tanaman hias yang harus Anda waspadai.

a

Bercak kuning

Terkejut melihat adanya bercak-bercak yang kuning di tanaman Anda? Penyakit ini sangatlah umum terjadi pada tanaman, terutama pada daun anthurium. Beberapa hal tentang penyakit ini yang harus Anda tahu adalah:

  • Tandanya yang paling jelas adalah munculnya noda-noda putih kekuningan yang timbul di daun.
  • Tanda ini pada awalnya kecil saja, bahkan Anda mungkin tidak akan melihatnya. Tetapi semakin lama, bercak itu akan semakin melebar, dan membuat daun menjadi kehilangan warnanya, dan kering.
  • Hal yang paling buruk? Belum ada yang tahu pasti kenapa ini bisa terjadi. Bisa karena terlalu lembab, aliran udara yang tidak bagus, atau bahkan karena pupuk yang dipakai.
  • Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan fungsida, atau menggunduli semua daun yang terinfeksi.

Rhizoctonia

Penyakit ini biasanya berasal dari jamur-jamur yang bersarang di air yang digunakan untuk mengirigasi tanaman. Hal yang menjadi masalah adalah, jamur yang menjadi biang kerok ini biasanya sangat kuat dalam bertahan hidup di dalam tanah. Tanda timbulnya gejala ini adalah:

  • Terdapat adanya tanda-tanda berwarna merah dan kecoklatan di daun.
  • Di antara sekam tanaman ada benang-benang berwarna putih.
  • Di siang hari, daun menjadi layu, namun di malam hari tampak segar.

Busuk akar

Dikenal juga sebagai penyakit Phytium yang berasal dari nama jamur yang menyebabkan penyakit ini. Sesuai dengan namanya, penyakit ini membuat akar dari tanaman menjadi busuk, yang berakibat seluruh bagian tanaman perlahan-lahan menjadi layu dan mati. Biasanya terjadi karena adanya air yang menggenang di tanah terlalu lama, dan ironisnya membuat jamur tumbuh subur dan menyerang tanaman. Untuk mengatasinya:

  • Cegah dengan membuat tempat menanam yang tidak terlalu lembab, porous, dan juga steril.
  • Bila ternyata tanaman sudah terinfeksi, segera potong akar yang bermasalah, lalu semprotkan fungisida ke tanaman. Tanam kembali tanaman tersebut.
  • Cara lain adalah dengan rutin menyemprot tanaman menggunakan fungisida sistemik (Previcur N) berdosis 2ml/Liter.

Perawatan rutin kuncinya

Pada dasarnya, tanaman-tanaman hias yang Anda tanam di rumah terkena penyakit tersebut lantaran kondisi tanah, udara, dan juga kelembaban. Sering-seringlah membersihkan lingkungan taman Anda, pastikan mereka sering mendapatkan pertukaran udara, sinar matahari yang cukup, dan jangan biarkan tanah tempat menanam menjadi becek. Hal-hal lain yang bisa Anda lakukan tentu saja dengan rajin menyemprotkan fungisida ke tanaman, terutama di saat musim hujan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Kenali Penyakit Tanaman Hias dan Tips Mencegahnya

  1. Pingback: Jenis Hama dan Cara Pengendalian Tanaman Cabai | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *