Kenali Perbedaan Kromosom dengan DNA

Kenali Perbedaan Kromosom dengan DNA – Asan nukleat adalah materi genetik dari keseluruhan organisme hidup. Ini merupakan polimer yang terdiri atas sub unit yang dikenal dengan nukleotida.

1

Adapun nukleotida ini memiliki tiga komponen yaitu basa nitrogen, gula lima karbon serta asam fosfat. Adapun basa nitrogen merupakan senyawa siklik yang mungkin saja ada dalam dua bentuk pirimidin atau purin. Terdapat dua jenis purin yaitu guanin dan adenin serta tiga jenis pirimidin yaitu urasil, timin dan sitosin.

Nukleutida yang berbeda akan dibentuk sesuai gula dan juga basa yang digunakan. Teradapat dua jenis asam nukleat. RNA dan DNA. Karakteristik yang menjadi pembeda diantara RNA dengan DNA adalah DNA ini terdiri dari basa nitrogen, kecuali urasil. DNA terbentuk dari rantai polinukleotida. Di kromosom dalam sisi lainnya disusun dari koleksi untai dari DNA.

DNA

Seperti halnya protein, DNA akan dapat dianggap sebagai pemilik struktur primer yang termasuk di dalam urutan nukleotida. Pertama kali ditemukan oleh Francis Crick dan James Watson. Mereka ini menggambarkan struktur menggunakan dua rantai antiparalel heliks polinukleotida.

Keduanya juga diikat menjadi satu oleh pasangan basa dengan ikatan hidrogen. Adenin yang berpasangan dengan timin serta guanin dengan sitosin. Karena adanya regulasi di dalam pasangan basa, maka urutan di dalam satu rantai menentukan yang lainnya.

Dengan demikian kedua rantai dapat dikatakan saling melengkapi. Karakteristik semacam ini menjadikan DNA unik serta urutan basa nitrogen yang dapat menyimpan informasi genetik. Bukan hanya itu, DNA juga memiliki kemampuan tersendiri untuk mereplikasi dirinya guna mengirimkan data ke sel yang lain.

Kromosom

Ini merupakan unit dasar dimana DNA dikemas pada organisme. Kromosom terdiri dari DNA dengan kandungan bahan serta histon protein genetik yang dapat membantu mempaketkan mereka. DNA secara keseluruhan bermuatan ikatan negatif dengan adanya protein histon yang memiliki muatan positif menjadikan kompleks yang dikenal dengan kromatin. Proses semacam ini terjadi akibat dari kurangnya ruang dalam sel jika dibandingkan dengan panjang secara keseluruhan yang terdiri dari 2,2 juta DNA.

Kromosom manusia memiliki ukuran panjang rata-rata uang mencapai 6m, rasio pengemasan 8000:1. Dimana 8 molekul protein histon datang secara bersamaan untuk dapat membentuk nukleosom di sekitar DNA. Konfigurasi ini kemudian diulang guna membentuk suatu struktur semacam rantai dari manik-manik.

Struktur ini nantinya lebih lanjut akan menjadi Super melingkar pada helai tebal yang lebih pendek guna membentuk kromosom. Maka dari itu kromosom memang hanya berisi molekul DNA panjang tunggal dengan banyak gen di sepanjang itu. Manusia sendiri memiliki 24 kromosom di dalam sel mereka.

Perbedaan kromosom dan DNA

  1. Keduanya merupakan penyimpanan materi genetik dan membantu pada penentuan proses metabolisme internal maupun eksternal fitur dari organisme.
  2. Keduanya mirip dengan batasan struktur tertentu karena DNA yang sama.
  3. Jumlah kromosom dan DNA pada 1 sel adalah sama, namun hanya kromosom yang memiliki kandungan protein histon.
  4. DNA lebih panjang (4,8 cm) dibanding dengan kromosom (6m) memiliki suatu struktur yang kurang melingkar dibanding kromosom.
  5. DNA dapat mereplikasi pada bentuk alami, namun kromosom harus rileks guna melekat di transkriptase guna replikasi.
  6. Semua sel (kecuali sel darah merah) memiliki kandungan kromosom dan DNA. Keduanya ini bersama-sama sebagai dasar fungsi sel. Keduanya merupakan penularan yang paling penting di dalam materi genetik dari generasi satu ke generasi yang lainnya bersama sifat-sifat yang berupa karakter dan keturunan.

 

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *