Kerajinan Berikut ini Bisa Anda Buat Sendiri dari Barang Bekas

Semua orang di seluruh dunia dewasa ini sedang aware dengan berbagai isu pemanasan global. Peristiwa yang ditandai dengan naiknya suhu permukaan bumi tersebut memang memiliki efek yang merusak, seperti aneka bencana alam, mencairnya es di kutub, dan pergantian musim yang tak menentu.

Sejalan dengan isu pemanasan global, banyak orang telah memulai gaya hidup sadar lingkungan yang sering dikenal dengan aksi 3R, yaitu reduce (mengurangi), reuse (menggunakan ulang), dan recycle (mendaur ulang).

Terkhusus pada poin recycle, Anda bias memanfaatkan barang-barang yang sudah tak terpakai di sekitar Anda untuk didaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat, bahkan memiliki nilai ekonomis untuk dijual. Berikut ulasannya untuk Anda.

  • Kreasi Penuh Guna dari Botol Plastik Bekas;

s 92

Botol plastic merupakan barang yang sangat sering ditemukan di sampah industry maupun rumah tangga. Parahnya, plastic sebagai bahan utamanya bukan merupakan material yang dapat diuraikan secara mudah di alam.

Maka, kebanyakan botol plastic sangat mencemari tanah dan menjadi sangat tidak berguna.

Dengan sedikit usaha dan segudang kreativitas, Anda dapat membuat aneka macam barang dari penggunaan botol plastic bekas, seperti tudung lampu, atap garasi, tempat pensil, maupun pot  tanaman.

  • Jam Ala Vintage dengan Velg Sepeda Bekas;

s 93

Anda memiliki sepeda tua yang sudah tak terpakai? Jangan buru-buru dibuang. Anda dapat memanfaatkan velg sepeda untuk dimodifikasi menjadi sebuah jam dinding yang sangat vintage.

Cukup siasati dengan menambahkan komponen pada jam weker dan tambahkan tiga bilah lempengan aluminium sebagai jarum penunjuknya. Voila! Jadilah Jam dinding unik yang sangat pas untukd ipasang di rumah Anda.

  • Tempat Buah dari Plat Nomor Polisi Bekas;

s 94

Jika Anda akan mengganti nomor polisi kendaraan Anda dengan yang baru, Anda bias menggunakannya sebagai wadah buah di mejamakan Anda. Cukup rangkai beberapa plat dengan menggunakan mur, baut dan sekrup.

  • Lilin Minyak Unik dari Bohlam Bekas;

s 95

Pernah bingung karena memiliki banyak sekali bohlam yang sudah mati di rumah Anda? Bohlam-bohlam tersebut dapat dimanfaatkan sebagai lilin minyak yang unik dan apik.

Cukup kosongkan komponen filament dalamnya dan berikan dudukan katu di bagian bawahnya. Setelah itu, ada bias mengisi badan bohlam dengan minyak atau spiritus dan sumbu.

  • Lemari Peralatan Mandi dari Koper Tua;

s 96

Anda dapat memanfaatkan koper yang sudah using dan tua untuk dimodifikasi sebagai lemari kecil yang dapat menyimpan peralatan mandi dan parfum Anda. Cukup tambahkan sabuk bekas sebagai penahan depan agar peralatan mandi dan parfum tak terjatuh.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa ide yang bias Anda tiru untuk memanfaatkan barang bekas di sekitar Anda. Selamat mencoba!

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *