Kerajinan Tangan, Tempat Tisu Kotak Dari Kerang

Kerajinan Tangan, Tempat Tisu Kotak Dari Kerang – Sering kali saat anda sedang jalan – jalan ke salah satu kawasan wisata  yang ada di Indonesia atau mancanegara, di akhir perjalanan wisata anda pastilah disibukkan dengan acara berburu souvenir dimana saat ini yang banyak dipajang adalah kerajinan tangan berbahan utama dari kerang dengan bentuk – bentuk unik dan lucu seperti hewan, bunga tunjung atau pajangan yang lainnya untuk hiasan meja.

Namun sebelumnya apakah anda pernah berpikiran untuk memiliki dan mengkoleksi kerajinan tangan yang berbahan kerang tapi bukan hanya untuk pajangan saja melainkan bisa menjadi barang yang serbaguna dan bermanfaat, misalnya berupa tempat tisu bentuk kotak yang cantik dan berkesan eksotik. Kreasi dari kerang ini juga memiliki manfaat lain seperti untuk hiasan berupa vas bunga di atas meja atau hiasan dinding, dan sebagai tempat tisu.

Baca : Pengertian Biosfer

Praktis dan cemerlang kan idenya ? Banyak anda jumpai di kota – kota wisata seperti kota – kota di Pulau Bali tetapi anda juga bisa mencoba membuat salah satu yang paling mudah di rumah.

Langsung saja simak cara di bawah ini, siapkan bahan – bahan dan alat yang diperlukan :

– Kardus bekas bentuk kotak / seadanya
– Kerang dalam kondisi utuh
– Gunting
– Lem alteko / perekat lainnya

Cara membuat kotak tisu dari kerang adalah :

Langkah 1 :

Siapkan kardus bekas bentuk kotak beserta tutupnya dalam kondisi masih kuat, jika tidak ada, maka buat pola kotak – kotak pada kardus yang ada beserta pola tutupnya lalu tandai dan potong sesuai pola yang anda kehendaki.

Langkah 2 :

Lumuri kardus dengan lem alteko / perekat lainnya.

Langkah 3 :

Mulailah menyusun kerang pada kardus sesuai dengan selera anda. Usahakan rapi agar hasilnya bagus.

Adapun jenis kerang laut yang cocok dan bagus dimanfaatkan sebagai hiasan untuk souvenir mahal adalah sebagai berikut :

Kerang Darah ( Kerang Dara ) : cangkangnya berwarna putih kecoklatan, berukuran kecil sekitar 3 – 5 cm. Disebut kerang darah karena jenis kerang ini menghasilkan cairan merah yang mengandung hemoglobin dan dagingnya berwarna kemerahan dan banyak mengandung darah yang biasanya dimasak dengan cara direbus atau dikukus lalu diberi bumbu spesial, namun dapat juga dimasak dengan cara digoreng garing sebagai camilan kering maupun ditumis bersama sayuran kangkung.

Kerang Bambu : cangkangnya berwarna putih kecoklatan dan berbentuk panjang seperti bambu. Dagingnya berwarna putih bersih. Kerang jenis ini jarang ditemui di pasar – pasar tradisional di Indonesia namun mudah ditemui di daerah dekat pantai di Jepang. Kerang bambu biasanya enak dijadikan aneka masakan tumisan.

Kerang Hijau : kerang yang paling umum dijumpai di Indonesia adalah kerang hijau. Cangkangnya berwarna hijau cantik dan dagingnya berwarna oranye terang. Kerang hijau biasa dimasak dengan cara ditumis ala masakan orang Cina, atau digoreng, maupun dijadikan sebagai bahan pelengkap sup.

Mudah bukan mengenal jenis – jenis kerang laut yang bagus dimanfaatkan sebagai hiasan. Anda bisa memanfaatkannya sebagai pajangan / hiasan di atas meja, tapi sekaligus sebagai tempat tisu. Selamat mencoba !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *