Kesalahan-Kesalahan Dalam Memakai Pisau Dapur yang Jarang Anda Sadari

Kalau bicara soal dapur, seseorang tidak bisa lepas dari menggenggam pisau. Maklum saja, pisau merupakan salah satu alat utama untuk memotong bahan makanan yang akan diolah.

d 75

Tanpa pisau, bawang merah tidak akan bisa dirajang halus, tomat tidak dapat dipotong dadu, atau bahkan daging tidak bisa disajikan secara fillet yang menggugah selera.

Tidak mungkin kan semua bahan hanya dicemplungkan begitu saja tanpa diiris atau dipotong? Nah, begitulah peranan utama pisau yang sangat penting di dapur.

Mengingat begitu pentingnya pisau sebagai alat pendukung memasak, kebanyakan orang seringkali menyepelekan hal-hal penting saat memakai pisau.

Lantaran hal inilah, sebagian besar orang kerap tidak menyadari telah melakukan kesalahan-kesalahan dalam memakai pisau dapur. Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama, coba cek hal-hal berikut ini yuk:

  • Tidak mengasah pisau

Semakin sering dipakai pisau bisa berkurang ketajamannya. Pastikan untuk menajamkan mata pisau setiap kali akan memotong bahan masakan atau mengasah secara teratur agar mata pisau tidak mudah tumpul dan berkarat.

  • Tidak memotong dengan benar

Biasanya hal ini dipelajari oleh para chef atau orang yang senang berkecimpung di dunia kuliner. Jika Anda tidak memotong bahan masakan dengan benar, bukan hanya citarasa makanan yang berkurang, namun ketajaman mata pisau juga ikut menurun.

Misalnya memotong daging, sebaiknya mengikuti alur serat-serat daging agar lebih mudah dipotong, jika tidak, maka Anda sendiri yang kesulitan untuk memotong dan mata pisau akan mudah tumpul bahkan rusak.

  • Tidak dipegang dengan baik

Memotong menggunakan pisau membutuhkan keterampilan dan trik tersendiri. Hal ini dapat dilatih terus-menerus. Peganglah gagang pisau dengan kuat di tengah gagang. Tidak terlalu ke depan ataupun ke belakang. Pastikan untuk selalu fokus saat memotong, jika tidak jari tangan Anda yang menjadi taruhannya.

Baca Artikel Lainnya :

Sebisa mungkin gunakan mata pisau yang tajam dan memotong dengan hati-hati untuk meminimalisir jari teriris atau terluka. Saat menyimpan pisau dapur, pastikan untuk menjauhkan dari jangkauan anak-anak. Gunakan tips di atas jika Anda menggunakan pisau dapur di kala memasak ya..

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *