Perbaikan Kesuburan Tanah dengan Sistem Agroforestri

Perbaikan Kesuburan Tanah dengan Sistem Agroforestri – Pemanfaatan ladang pertanian dengan melakukan kombinasi budidaya tanaman hutan dengan (pepohonan) dengan tanaman-tanaman pertanian saat ini sudah banyak dilakukan. Sistem ini disebut juga dengan sistem agroforestri. Merupakan suatu sistem untuk pengelolaan tanaman pertanian bersama-sama dengan tanaman hutan (pepohonan) dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan dan mengatasi masalah kekurangan lahan kehutanan. Selain itu, manfaat lain yang didapatkan adalah terjadinya perbaikan kesuburan tanah dengan sistem agroforestri. Dalam arti yang lebih luas, agroforestri merupakan penggabungan dari sistempertanian, kehutanan, perikanan dan peternakan yang dilakukan secara bersama-sama pada satu wilayah/lahan yang ada.

Untitled

Sistem agroforestri disebut-sebut memiliki bermacam keunggulan dalam mencapai tujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan dan perbaikan kesuburan tanah dengan sistem agroforestri, antara lain meminimalisir hilangnya unsur-unsur hara di dalam tanah, memaksimalkan peggunaan energi dari matahari, mengoptimalkan penggunaan sumber daya air dan mengurangi terjadinya erosi tanah. Dengan demikian, pemanfaatan hasil dari lahan pertanian dapat dibarengi dengan hasil dari kehutanan, di samping itu juga terdapat nilai pengkonversian dan menjaga produktivitas ladang.

Perbaikan kesuburan tanah dengan sistem agroforestri tentunya dapat dilakukan melihat manfaat-manfaat yang didapat dari penerapan sistem tersebut. Diantaranya adalah:

  1. Dapat memperbaiki kesuburan tanah.
  2. Menghambat terjadinya kasus erosi
  3. Mengurangi dan mencegah perkembangan hama dan penyakit,
  4. Serta menekan pertumbuhan gulma / tanaman pengganggu.
  5. Mempertahankan kandungan zat-zat organik dan unsur-unsur hara yang terdapat di dalam tanah.

Dari manfaat yang didapatkan dengan penerapan sistem agroforestri ini, salah satunya adalah dapat memperbaiki kesuburan tanah. Proses perbaikan kesuburan tanah dengan sistem agroforestri terjadi melalui mekanisme berikut:

  • Sistem agroforestri ini mempunyai manfaat dapat memperbaiki sifat-sifat fisik dari lahan yang digunakan.
  • Dapat mempertahankan kandungan bahan-bahan organik yang merupakan sumber unsur-unsur hara yang berperan dalam menyuburkan tanah.
  • Dapat mengurangi dan meminimalisir kehilangan unsur-unsur hara ke dalam lapisan tanah.
  • Dapat menambah unsur hara nitrogen yang diperoleh dari pengikatan nitrogen yang berasal dari udara bebas.

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *