Ketahui Pentingnya Manfaat Hutan untuk Manusia di Bumi

Ketahui Pentingnya Manfaat Hutan untuk Manusia di Bumi –Tentu tidak asing lain bila Kita mendengar hutan, bahkan mungkin Kita terlalu sering mendengar hutan, sebenarnya hutan ini memiliki fungsi serta manfaat yang seperti apa? Sehingga banyak sekali orang yang mulai tersadar untuk merawat serta menjaganya.

a

Sebenarnya hutan sangat penting sekali untuk kelangsungan hidup manusia yang berada di bumi. Hutan ini memberikan kesejukan, seperti yang telah Kita ketahui, bahwa semakin lama bumi memang semakin panas, apa jadinya bila hal tersebut diperparah dengan rusaknya hutan yang berada di sekitar Kita.

Jika Anda belum mengetahui fungsi hutan, ada beberapa fungsi hutan yang harus Anda ketahui. Antara lain:

  • Menyerap karbondioksida serta mampu mengubahnya menjadi oksigen. Oksigen inilah yang Kita gunakan untuk bernafas, bayangkan bila minimnya hutan, tentu oksigen juga menjadi semakin menipis,
  • Sumber mata pencaharian, banyak sekali orang yang menggantungkan hidupnya di hutan,
  • Sebagai habitat berbagai jenis hewan, jika hutan rusak, akibatnya mereka kehilangan tempat tinggal; dan masuk ke dalam area pemukiman penduduk,
  • Mencegah terjadinya banjir, hutan mampu memperlambat aliran air, serta menyimpannya sebagai sumber air pada saat musim kemarau,
  • Sebagai pencegah erosi, akar-akar yang terdapat di pohon, akan mengikat tanah sehingga tidak mudah untuk longsor,
  • Pengatur iklim, jangan salah hutan juga bisa di sebut sebagai pengatur iklim, bila tanaman-tanaman di atur pada lokasi yang strategis mereka juga mampu memberikan hambatan angin yang sangat efektif.

Setelah Anda mengetahui banyak sekali manfaat hutang yang sering Anda rasakan, bahkan tidak Anda sadari, tentu Anda ingin menjaga hutan agar tidak semakin rusak seperti yang terjadi pada saat ini. Banyak hutan yang berada di dunia yang telah mengalami kerusakan, seperti yang Kita lihat, akibat dari kerusakan ini, iklim menjadi tidak terkendali, serta timbul berbagai bencana longsor yang tidak mampu Kita kendalikan.

Lantas, bagaimana cara untuk menanggulanginya? Cara menanggulanginya ialah:

  • Gencar melakukan reboisasi,
  • Penanaman kesadaran masyarakat tentang pentingnya hutan untuk kelangsungan hidup mereka,
  • Gencar melakukan iklan yang berhubungan dengan fungsi hutan,
  • Lebih menggiatkan system tebang pilih jika ingin mengambil pohon di hutan,
  • Memberikan sanksi yang tegas kepada para pelaku perusak hutan.

Lakukan perbaikan mulai dari yang terkecil, seperti mulai dari lingkungan di sekitar Anda, sebenarnya banyaknya kerusakan hutan ini juga di sebabkan oleh pertumbuhan teknologi serta perkembangan jaman, seperti yang Kita ketahui, banyak hutan yang di sulap sebagai lahan pertanian serta lahan perumahan, Kita bisa menekan pertumbuhan kerusakan, dengan memberlakukan larangan pembabatan hutan untuk fungsi perumahan atau pemukiman warga, dengan begitu, potensi hutan yang di sulap sebagai perumahan akan berkurang, kerusakan hutan juga akan berkurang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Ketahui Pentingnya Manfaat Hutan untuk Manusia di Bumi

  1. Pingback: Cara Melestarikan dan Mengelola Hutan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Wisata Hutan, Alternatif Bagi yang Ingin Menghilangkan Stress | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: Kebakaran Hutan di Indonesia, Salah Siapa? | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *