Ketahui Tentang Penyebab AC Mobil Panas Dan Masalah AC Mobil Tidak Mudah Dingin

Ketahui Tentang Penyebab AC Mobil Panas Dan Masalah AC Mobil Tidak Mudah Dingin – Sebagai seseorang yang gemar mengendarai mobil mewah, maka anda pasti sudah sangat dekta dan mengenal AC atau air conditioner.

Mobil yang dilengkapi dengan menggunakan AC saat ini telah menjadi sebuah kebutuhan bagi para pengendaranya.

1

Sebagai seseorang yang menggunakannya, ada baiknya jika anda mulai saat ini mengenal komponen atau bagian paling penting dari sebuah mobil mewah yaitu AC dan cara kerja AC dalam mobil sehingga anda bisa mengetahui penyebab kerusakan pada AC mobil anda.

Sederhananya, sistem pendingin pada mobil bisa bekerja layaknya sebuah kulkas yaitu beberapa komponen akan mengganti udara panas di dalam kabin dengan memakai udara dingin dengan cara mengeluarkan udara panas terlebih dahulu.

Untuk sekedar mengetahui cara kerja AC mobil anda adalah dengan cara mensirkulasi freon pada AC mobil saat AC mobil dinyalakan.

Erat hubungannya dengan penjelasan kami tersebut di atas, melalui artikel kami kali ini akan membahas tentang beberapa penyebab kenapa AC mobil anda susah menjadi dingin atau dinginnya berkurang baik saat berjalan di waktu siang hari, saat berhenti atau kena macet, serta  permasalahan AC yang lain seperti AC tidak keluar angin, keluar angin namun kurang dingin (dinginnya kurang lama dan kuat), dsbnya.

Lalu bagaimanakah mengatasi jika AC anda ternyata masih bisa menyala namun tidak bisa dingin dengan maksimal ataupun anda  mulai merasakan kondisi buruk dimana berkurangnya dingin yang dihasilkan oleh AC di dalam mobil anda.

Apa saja yang menjadi penyebabnya ? Dan mengapa hal ini bisa terjadi serta apa yang mempengaruhinya ? Inilah jawabannya yang patut buat anda pelajari.

Penyebab utama AC tidak dingin atau masalah “ yang paling sering terjadi ” adalah freon berkurang atau habis.

Penyebab dari berkurangnya daya kerja dari AC mobil anda bisa disebabkan oleh kebocoran yang terjadi pada AC. Kebocoran tersebut kemudian akan membuat freon yang di dalamnya sedang bekerja menjadi berkurang atau bahkan sudah habis sama sekali.

Jika dibiarkan maka kebocoran tersebut akan mempengaruhi kinerja dari komponen lainnya yang juga akan memperparah dan memicu adanya kerusakan baru.

Kebanyakan yang menjadi penyebab terhadap kebocoran AC adalah terletak pada karet seal pada sambungan selang atau pipa atau bisa juga muncul karena sudah renggang, termasuk adanya lubang sekecil jarum pada selang atau pipa yang bisa menjadi penyebab bocornya freon AC mobil anda.

AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kondensor – radiator.
  2. Evaporator ( evap ).
  3. Freon / cairan freon.
  4. Motor fan / kipas.
  5. Kompressor.
  6. Magnetic clutch.
  7. Serta komponen – komponen yang lain seperti selang, seal, swicthing, dll.

Ingat bahwa kualitas freon di pasaran bermacam – macam jenisnya dari yang termurah yaitu kisaran 700 pertabung sampai dengan 2.5 juta rupiah pertabung.

Jika anda sudah mengerti tentang penyebab utama AC mobil anda susah dingin dan mengetahui freon terbaik untuk mengganti komponen yang lama maka langkah selanjutnya manakah yang akan anda pakai ?

Baca Artikel Lainnya :

Disarankan untuk jangan terpancing pada kalimat pembungkus freon : ‘ isi freon murah ’, karena berkualitas atau tidak dari masing – masing freon bukan dipengaruhi oleh harga tetapi oleh banyak faktor yang perlu anda tanyakan pada pegawai bengkel langganan anda.

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *