Ketahui Tentang Penyebab Air Radiator Mobil Berkurang Dan Cepat Habis

Ketahui Tentang Penyebab Air Radiator Mobil Berkurang Dan Cepat Habis – Sistem pendingin atau air radiator pada mesin mobil anda merupakan salah satu komponen atau bagian terpenting yang mempunyai peranan sangat penting untuk kelancaran mesin mobil anda.

bungass

Radiator berfungsi sebagai media pengontrol suhu pada mesin mobil ketika anda sedang menggunakan mobil anda di jalan raya.

Jika radiator sebuah mobil sedang bermasalah, maka akan terjadi kondisi buruk dimana mesin mobil anda akan mempunyai suhu yang terlalu tinggi (overheating) dan akan menyebabkan terjadinya gangguan pada mesin mobil tersebut.

Maka dari itu, perawatan harus dilakukan sedini mungkin agar radiator anda selalu dalam kondisi maksimal.

Bukan hanya dalam wujud perawatan secara keseluruhan, tapi juga perawatan yang mengkhusus seperti memperhatikan air radiator mobil yang wajib anda lakukan.

Jika anda salah dalam melakukan perawatan terhadap radiator anda, maka ada kemungkinan besar radiator tersebut akan mudah rusak. Jadi, ada baiknya jika anda belajar tentang radiator mobil serta cara merawatnya dengan benar dan teliti.

Apabila anda mengetahui tentang radiator dan semua komponennya dalam kondisi bagus, air atau coolant radiator tidak mudah panas karena kecukupan air, maka sangat kecil kemungkinan radiator mobil anda menjadi mudah rusak.

Jika air radiator cepat habis karena usia kendaraan anda sudah terlalu tua, hal ini sebenarnya wajar saja terjadi karena radiator mobil anda sedang membutuhkan perawatan, namun jika mobil anda masih berusia di bawah 5 tahun maka hal ini tentulah sebuah kondisi yang tidak wajar.

Penyebab kenapa air radiator anda menjadi berkurang terus atau cepat habis adalah kemungkinan mobil baru yang anda miliki saat ini memang bermasalah dengan komponen yang satu ini namun bagi mobil yang sudah setengah atau yang berusia lanjut/sangat tua, anda tidak usah heran lagi karena hal inilah yang menyebabkan radiator mobil anda mudah rusak.

Pertolongan pertama ketika anda mendapatkan kondisi dimana mobil anda macet di tengah jalan karena masalah air radiator mobil yang berkurang dan membuat air radiator / coolant cepat kering adalah disebabkan beberapa hal sebagai berikut :

1). Kompresi mesin yang menghubungkan dengan saluran air / coolant terjadi kebocoran sehingga menyebabkan penguapan.

2). Selang radiator yang sudah dimakan usia atau sedikit lembek akan menimbulkan ‘rembesan’ air pada selang / sambungan.

3). Cek dulu penutup pembuangan air radiator dibagian bawah, pastikan tertutup rapat dan tambahkan seltip.

4). Bisa juga terjadi kerak kotoran dan kebocoran kecil pada elemen radiator yang tak tampak oleh mata.

5). Fan pendingin radiator sudah melemah sehingga mesin terlalu panas terjadi penguapan pada air / coolant radiator.

5 hal tersebut di atas adalah penyebab utama yang paling sering dialami oleh pemilik mobil baru tetapi air radiatornya mudah habis, namun tak menutup kemungkinan hal ini muncul disebabkan oleh penyebab-penyebab yang lain.

Baca Artikel Lainnya :

Akan sangat dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan bagi anda untuk mencari tahu penyebab kerusakannya.

Kami berharap tulisan ini dapat sedikit membantu dan menjadi tambahan wawasan bagi kaum wanita untuk mengatasi mobil mereka yang kebetulan air radiatornya cepat habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *