Ketika Sudah Hamil 9 Bulan, Berikut ini Tanda – tanda Bahwa Anda Akan Melahirkan

Saat ibu sudah memasuki trimester akhir kehamilan, tubuh akan merasakan sesuatu yang berubah dari sebelumnya. Ini juga berarti proses kehamilan sudah semakin matang.

Anda sebentar lagi akan menjadi seorang ibu. Sang buah hati yang ditunggu – tunggu akan segera lahir ke dunia dan akan berada dalam dekapan anda.

Sebelum melahirkan, ada baiknya anda perlu mengetahui tanda – tanda apa saja yang perlu diketahui sebelum melahirkan. Anda perlu mempersiapkan segalanya sebelum menjalani proses persalinan.

j 109

Umumnya, wanita akan melahirkan antara minggu ke 39 dan 41. Akan tetapi setiap wanita memiliki kondisi kehamilan yang berbeda – beda, jadi bisa terlahir prematur atau malah terlambat.

Pada minggu akhir kehamilan, tubuh akan memproduksi progesteron yang bertujuan melunakkan jaringan di sekitar cervix dan pelvis untuk proses melahirkan. Melahirkan dimulai saat kontraksi rahim mulai meregangkan jaringan di sekitar cervix. Berikut tanda – tanda lain bahwa anda akan melahirkan.

  • Merasakan nyeri pada punggung, sakit perut atau kram seperti menstruasi.
  • Anda akan sulit untuk tidur.
  • Frekuensi buang air kecil meningkat dikarenakan beberapa waktu sebelum persalinan, rahim akan bersandar pada kandung kemih. Hal ini akan membuat anda lebih sering buang air kecil.
  • Keluar lendir bercampur darah dari vagina.

Saat hamil, cervix akan ditutupi oleh lendir kental. Ketika mendekati persalinan, cervix akan membuat membesar dan membuat lendir keluar dari vagina. Warnanya biasanya agak merah muda dan sedikit berdarah.

Namun, hal ini tidak selalu menjadi tanda bahwa anda akan segera melahirkan. Lendir bisa keluar saat anda berhubungan seks.

  • Merasakan kontraksi.

Kontraksi ada dua jenis yaitu kontraksi palsu dan kontraksi asli. Biasanya saat menjelang persalinan anda akan merasakan kontraksi palsu yang disebut Braxton Hicks. Ini bukan berarti anda akan segera melahirkan.

Kontraksi palsu biasa terjadi selama 30 – 120 detik. Kontraksi akan hilang jika anda mengganti posisi dan rileks. Hal ini juga lazim terjadi lantaran tubuh sedang melakukan proses penyesuaian untuk melahirkan nanti.

Jika kontraksi semakin menguat dan disertai rasa nyeri, itu berarti kelahiran semakin dekat. Anda harus segera bawa diri ke rumah sakit supaya mendapat penanganan khusus.

Baca Artikel Lainnya :

  • Air ketuban pecah.

Inilah tanda yang paling umum diketahui sebelum melahirkan. Biasanya kontraksi akan dirasakan duluan sebelum ketuban pecah. Akan berbahaya jika air ketuban pecah duluan tetapi kontraksi belum terasa.

Hal ini akan membuat bayi anda mudah terinfeksi. Segeralah ke rumah sakit jika hal ini sudah terjadi. Biasanya persalinan akan terjadi sekitar 24 jam setelah air ketuban pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *