Keunikan Adat perkawinan Aceh

Sama halnya seperti daerah-daerah Indonesia yang lainnya dengan adat tersendiri bagi calon pasangan pengantin. Aceh juga memiliki adatnya sendiri yang mengharuskan calon pengantin melewati sejumlah prosesi yang cukup panjang. Apa saja prosesi adat perkawinan Aceh yang konon unik dan menarik?

c 100

Sirih dan isinya disertakan dalam lamaran (Ba Ranup)

Tahap melamar di Aceh berawal dari mengutus kerabat (theulangke) menemui keluarga wanita yang saat itu ingin dinikahi guna menanyakan status dari wanita yang dimaksud. Jika memang wanita yang dituju tidak atau belum ada yang memiliki maupun ikatan dengan laki-laki lain, theulangke baru meyampaikan lamarannya.

Di hari yang sudah ditentukan oleh kedua belah pihak, dari keluarga pihak laki-laki mengutus beberapa orang yang dituakan mendatangi rumah orang tua pihak wanita untuk secara resmi melamar dengan membawa sirih beserta isinya sebagai simbol kesungguhan dan penguat ikatan.

Makanan khas dari pihak pria di acara pertunangan (Jakba Tanda)

Lamaran yang diterima pihak wanita dilanjutkan dengan prosesi berikutnya dimana pihak laki-laki harus datang lagi ke kediaman orang tua pihak wanita untuk menentukan hari perkawinan (peukeong haba) dan menetapkan besar mahar yang diminta calon mempelai wanita (jeunamee) beserta berapa banyak tamu yang diundang dalam resepsi perkawinan tersebut.

Jika musyawarah telah mencapai kata sepakat, maka dilanjutkan dengan prosesi pertunangan atau Jakba Tanda. Pihak laki-laki dalam prosesi ini mengantarkan beragam makanan khas daerah Aceh beserta rupa barang yang lainnya seperti buleukat kuneeng lengkap dengan tumphou, seperangkat pakaian wanita, aneka buah-buahan dan perhiasan sesuai dengan kemampuan pihak pria.

Baca Artikel Lainnya :

Uang hangus

Ketika prosesi gagal dalam tahap pertunangan perkawinan disebabkan berbagai macam hal, aturan main yang berlaku di Aceh adalah:

  • Jika kegagalan disebabkan oleh pihak pria, tanda emas yang sudah diberikan dianggap hangus.
  • Jika kegagalan disebabkan oleh pihak wanita, tanda emas wajib diganti dengan besar 2 kali lipat.

Tanda emas yang dikembalikan atau hangus ini dikenal dengan istilah “Uang Hangus” dalam adat Aceh.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *