Keunikan Tradisi Baayun di Barito Utara

Panitia Peringatan Hari Besar Islam di Barito Utara, Kalimantan Tengah telah menggelar tradisi Baayun Maulid guna memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

c 98

Banyak bayi maupun anak-anak disertakan di dalam acara Baayun Maulid yang sengaja digelar dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW  di Muara Teweh, Barito Utara.

Tradisi tahunan yang dilaksanakan dengan mengayunkan anak di Bulan Maulud ini ditujukan memberi doa untuk anak agar selalu menjadi anak yang sehat dan mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW. Ada cukup banyak bayi, anak-anak atau bahkan orang dewasa yang turut serta memeriahkan acara.

Di dalam tradisi baayun sendiri bayi maupun anak-anak diayun sambil dibacakan shalawat beserta syair yang mengagungkan akhlakul karimah dari Nabi Muhammad yang menjadi tuntunan untuk umat Islam.

Selain itu, Bupati Barito Utara, Nadalsyah bersama istrinya juga melakukan tradisi tampung tawar untuk anak-anak batuyang dalam masjid tersebut.

Selama ini tampung tawar sangat dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu menghindarkan anak-anak dari ancaman sakit sekaligus gangguan makhluk halus. Dengan harapan bahwa ketika dewasa nanti sang balita dapat mengikuti akhlak dari Nabi Muhammad SAW sekaligus mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Baayun Maulid atau Tradisi Baayun dalam penduduk Suku Banjar yang ada di Kalimantan sendiri adalah bagian dari rangkaian upacara daur hidup yang juga meliputi kehamilan, kelahiran, anak-anak, menjelang dewasa, perkawinan hingga kematian.

Adapun tradisi baayun yang khusus untuk anak-anak dengan usia 0-5 tahun ini sebenarnya sudah ada sebelum Islam menyebar luas di tanah Banjar.

Baca Artikel Lainnya :

Karena Baayun yang adalah asimilasi dari budaya urang Banjar ini berdasarkan pada ajaran Keharingan. Agama Islam sendiri sekarang ini sudah digelar setiap peringatan Maulid Nabi.

Nah, bagaimana keseruan Tradisi Baayun yang ada di Barito Utara ini? Agar lebih jelas dan lebih puas di dalam menyaksikannya. Ada baiknya jika Anda bisa mengatur waktu sedemikian rupa sehingga sampai di Barito Utara menjelang hari diselenggarakannya peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW atau Maulid Nabi Muhammad SAW.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *